Sunday 26 March 2017

KLIPING SENI BUDAYA SENI MURNI



KLIPING SENI BUDAYA
SENI MURNI




DISUSUN OLEH :


KETUA                : RIAN ARYA .D.P        (22)
WAKIL KETUA       : MONA AFIDAH FA     (17)
SEKRETARIS I       : SAFITRI W              (28)
SEKRETARIS II     : ALFIAN DENDY S       (03)
BENDAHARA I       : DESY YULIA .R.P       (08)
BENDAHARA II     : ALESANDRO AP         (02)
PERLENGKAPAN     : ROKIM M                 (27)





SMPN 1 KEDUNGGALAR NGAWI
Tahun Pelajaran 2016/2017


KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahan-Nya tugas  ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas materi tentang “JENIS SENI MURNI”.
Penulis menggucapkan terimakasih kepada, teman-teman dan orang tua kami yang sudah memberi dukungan sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.
Dalam pembuatan tugasv  ini penulis menyadari masih banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis akan dengan senang hati menerima saran maupun kritik yang sifatnya membangun untuk perbaikan selanjutnya.
Akhir kata penulis mohon maaf  apabila ada kekurangaan dalam pembuatan makalah ini, semoga makalah yang telah dibuat dapat bermanfaat bagi semua pembaca.


Kedunggalar,08 September 2016


                     Penyusun



























DAFTAR ISI


1.      Seni patung
2.      Seni lukis
3.      Seni ukir
4.      Senikaligrafi
5.      Seni grafis
6.      Seni keramik



























1.Mount Nemrut


Nemrut adalah gunung yang tinggi di Turki tenggara, dekat kota Adıyaman. Pada 62 SM, Patung Raja Antiokhus I Theos dari Commagene dibangun di atas gunung-tempat kudus makam diapit oleh patung-patung besar (8-9 m/26-30 ft tinggi) dari dirinya sendiri, dua singa, dua elang dan berbagai Yunani, dan dewa-dewa Persia . .
















2.Great Sphinx


Terletak di dataran tinggi Giza di Mesir, The Great Sphinx adalah salah satu patung terbesar dan tertua di dunia, kapan dan siapa yang membuat patung ini masih diperdebatkan. Ini adalah patung monolit terbesar di dunia meskipun jauh lebih kecil dari Piramida di sekitarnya. Meskipun bukti yang bertentangan dengan sudut pandang selama bertahun-tahun, pandangan tradisional yang dimiliki oleh Egyptologists modern pada umumnya tetap bahwa Sphinx Agung ini dibangun pada sekitar 2500 SM oleh Khafre firaun

















3.Statue of Liberty


Patung Liberty, adalah hadiah dari rakyat Perancis untuk merayakan seratus tahun penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat, berdiri diatas Liberty Island dan merupakan salah satu simbol paling terkenal di dunia. Ia mewakili seorang wanita yang mengenakan stola, sebuah mahkota bercahaya dan sandal, menginjak-injak rantai rusak, membawa obor di tangan kanan mengangkat dan tablet ansata tabula. Pembangunan patung itu diselesaikan di Perancis pada bulan Juli 1884 dan tiba di New York Harbor pada tahun berikutnya















4.Christ the Redeemer


Christ the Redeemer adalah sebuah patung Yesus Kristus di Rio de Janeiro, Brazil.Terletak di puncak sekitar 700 meter (2.300 kaki) dari gunung Corcovado, di atas gunung tersebut kita bisa melihat panorama yg indah sekali dari atas sana. Patung ini menjadi symbol agama Kristen dan menjadi ikon Brazil



















5.Moai


moai adalah patung monolitik yang terletak di Pulau Paskah, salah satu pulau paling terpencil di Bumi. Patung terkenal tersebut dipahat oleh penjajah pulau Polinesia, di antara sekitar tahun 1250 M dan 1500 AD. Selain mewakili nenek moyang almarhum, moai juga mungkin telah dianggap sebagai perwujudan hidup kuat atau mantan kepala. meter (69 kaki) dengan berat sekitar 270 ton. Patung-patung itu sampai berdiri ketika Eropa pertama mengunjungi pulau, tapi kebanyakan akan dilemparkan ke bawah selama konflik kemudian antara klan. Hari ini sekitar 50 moai telah didirikan kembali di Pulau Paskah atau museum di tempat lain.
















Seni Lukis Beserta Keterangannya

Seni Lukis-Merupakan karya seni yang menerapkan media cat, pigmen, warna atau media lainnya ke sebuah permukaan. Media ini pada umumnya diterpkan dengan cara memakai kuas, namun ada juha yang menggunakan alat lain seperti pisau, spons dan sebagainya. Kalau lukisan itu mengandung makna yang mendalam dan membuat para penikmat seni lukis akan membuat penasaran apa itu makna lukisan yang dibuat.
Maka lukisan tersebut dapat terkenal dan sangat dinilai berharga atau ternilai mahal. Berikut ini contoh karya seni rupa murni berupa lukisan. Lukisan yang kami contohkan merupakan salah satu dari lukisan yang populer atau terkenal di dunia dan termahal.

Lukisan Monalisa

 

monalisa.org
Monalisa ini merupakan lukisan yang paling populer di mata dunia dan paling banyak dikunjungi dan paling banyak diparodikan di dunia. Lukisan monalisa dibuat oleh Leonardo Da Vinci pada tahun 1503. Ekspresi wanita yang ada di dalam lukisan ini sangat misterius terutama senyumnya itu. Hingga kini Lukisan Monalisa dipajang di Museum Louvre, Paris Perancis pada tahun 1797 hingga kini.

Lukisan Starry Night

 

karmel.hr
Starry Night dilukis oleh seorang pelukis Belanda yakni Vincent van Gogh pada bulan Junia tahun 1889 silam. Lukisan ini merupakan salah satu bagian sejarah budaya barat paling populer di negara tersebut.
Uniknya lukisan ini bersama beberapa lukisan terkenal buatannya dibuat, van googh saat itu tinggal di rumah sakit jiwa. Lukisan Starry Night dibuat pada siang hari dan menggambarkan pemandangan yang ia lihat dari luar jendela kamar tidurnya yang saat itu mengahadap ke timur.

Lukisan Luncheon of The Boating Party


Lukisan ini dilukis oleh seorang pelukis impresionis Perancis Pierre Augeste Renoir diantara pada tahun 1880 hingga 1881. Lukisan Luncheon of The Boating Party termasuk seni lukis yang di pamerkan dalam pameran “Lukisan Imresionis” ketujuh pada tahun 1882 dan saat itu dikatakan sebagai tulisan yang terbaik oleh tiga orang kritikus.
Lukisan Luncheon ini memperlihatkan kekayaan dipandang pada bentuk, figur dan landskep. Pada lukisan ini membentuk sebuah gambaran sekelompok teman “Renoi” yang sedang bersantai pada sebuah balkon di tepi pantai. Luncheon Of The Boating Party kini berada di “The Phillips Collection” di Washington, D.C.

Lukisan Girl With Pearl Earring


Lukisan ini dilukis oleh pelukis Belanda yang bernama Johannes Vermeer pada abad ke-17 tahun 1665. Lukisan hGirl With Pearl Earringini terkadang disebut sebagai “Mona Lisa Belanda” dan bahkan pernah dijadikan novel, juga pernah difilmkan dengan judul yang sama pada lukisan tersebut. Lukisan ini menggambarkan seorang gadis dengan sorban dan anting-anting mutiara. Anting-anting mutiara yang menjadi daya tarik dalam lukisan ini. Lukisan yang dibuat oleh Johannes ditemukan di “Mauritshuis” Den Haag, Belanda.

Lukisan Cafe Terrace At Night


Lukisan ini dilukis oleh seniman orang Belanda yang bernama Vincent van Gogh di Kota Arles, Perancis pada pertengahan September 1888. Lukisan Cafe Terrace At Night ini menggambarkan sebuah kafe di Arles yang kini disebut Cafe van Gogh dengan warna hangat dan perspektif yang begitu mendalam. Lukisan tersebut saat ini berada di “Kroller-Muller” Museum di Kota Otterlo, Belanda. Ini merupakan lukisan karyanya yang pertama kali menggambarkan langit berbintang sebelum Starry Night.
















Jenis Jenis Kaligrafi Islam



1.  Kufi

Nama Kufi diambil dari nama kota Kufah di Irak, kota yang dibangun oleh Khalifah Umar bin Al-Khattab. Kaligrafi Kufi kemudian berkembang menjadi sangat indah pada masa Daulah Abbasiyah, dengan memasukkan unsur unsur hiasan dan ornamen khas kedalamnya.
Kufi asli memiliki ciri ciri tidak bertitik, dan tidak bersyakal serta dibiarkan asli tanpa hiasan. Sedangkan Kufi yang sudah berkembang, banyak mengambil bentuk bentuk yang lebih beragam, dan banyak digunakan dalam karya karya arsitektur, untuk menghiasi masjid, makam, dan istana raja raja. 
Kufi Karya Jamal Isa al-Kabbasyi berbunyi : wa min haitsu kharajta
fa walli wajhaka syatrol masjidil harom...(al Baqarah : 150)
Untuk contoh contoh kaligrafi Kuufi lebih banyak, silahkan baca :  25 Contoh Kaligrafi Kufi

2.   Naskhi

 

Jenis Tulisan ini muncul pada akhir abad ke 5 Hijriyah. Ini adalah jenis kaligrafi modifikasi dari tulisan Kufi dengan bentuk yang lebih lentur. Ia muncul mengiringi maraknya penulisan buku dan Al-Quran. Karena itu ia disebut "naskh" yang berarti naskah. Karena secara luas digunakan untuk "naskh al-Quran". Pada awal kemunculannya, jenis kaligrafi ini disebut "badi' " . Kaidah kaidah kaligrafi ini di sempurnakan oleh al- Wazir Ibnu Muqlah.
Kaligrafi Naskhi ini memiliki karakteristik lembut, dan jelas dibaca. Apalagi bila kemudian diberi syakal dan titik. Naskhi tidak digunakan dalam bentuk "tarkib" (bertumpuk tumpuk seperti halnya Tsuluts), melainkan datar mengikuti garis. Pada masa belakangan, gaya naskhi menjadi tulisan baku untuk buku buku dan karya karya ilmiyah (termasuk untuk penulisan menggunakan mesin cetak dan komputer). 

Kaligrafi jenis Naskhi ini biasanya diajarkan pertama kali sebelum mempelajari yang lain. Perlu latihan tekun dan banyak pengulangan untuk benar benar menguasainya.
Naskhi berisi ucapan ucapan Ali r.a ketika menceritakan sifat sifat Nabi SAW

Untuk contoh contoh kaligrafi Naskhi lebih banyak, silahkan baca :  25 Contoh Terbaik Kaligrafi Naskhi




3.   Farisi / Nastaliq

 

Disebut FARISI karena ia muncul dan populer dinegeri negeri Persia (Farsi). Disebut TA'LIQ, karena cara penulisannya seperti gaya penulisan catatan kaki yang lazimnya miring kebawah dari kanan kekiri. Disebut NASTALIQ karena fungsinya mirip dengan Naskhi yaitu sebagai tulisan standar bagi buku buku pengetahuan (sampai hari ini buku buku pengetahuan berbahasa Persia dan website website mereka masih menggunakan Farisi disamping Sikasteh). Jadi Nasta'liq adalah gabungan dari kata Naskh dan Ta'liq.

Untuk menguasai tulisan ini pun sangat sulit dan perlu latihan yang banyak. Kadang kadang diperlukan dua mata pena untuk menuliskannya karena satu huruf memiliki ketebalan yang berbeda. Para Ustadz kaligrafi berkata :
 "Siapa yang belum menguasai kaligrafi Farisi dan Tsulutsy, maka ia belum disebut khattat".
 Berikut ini contoh Farisi  :
Kaligrafi Farisi berbunyi
kullu ilmin laisa fil qirthasi dhoo'   --  kullu syarrin jaawazal isnaini syaa'
"semua ilmu, yang tidak ditulis dikertas akan hilang  --  Semua kejahatan yang terulang dua kali akan tersiar "

4.   Tsulus

Ini adalah jenis kaligrafi yang paling gagah, mewah dan elegan. Sebagaimana dikatakan, tsuluts menjadi syarat bagi seseorang untuk digelari "khattaat", karena memang sangat sulit mempelajarinya. Kaligrafi tsuluts dibagi 2 :
  • Tsuluts 'aady atau tsuluts biasa. Ditulis menggunakan pena berukuran minimal 4 mm, ditulis dengan gaya biasa, jarang dibuat menjadi bentuk bentuk yang rumit. 
  • Tsuluts jaliy ditulis dengan pena berukuran dua kali lipat tsuluts biasa, dan sering dikreasikan dalam bentuk bentuk yang rumit. Misalnya bentuk murokkab (bersusun susun), model ma'kus  atau mutanadzir (berpantulan), dan bentuk bentuk binatang.
Tsuluts biasa dan tsuluts jaly, tidak memiliki banyak perbedaan. Hanya ukuran pena saja yang membedakan keduanya. Karena itu tsuluts jali masih dianggap bagian dari tsuluts.




Tsuluts Jaliy (Jaliy Tsuluts) karya Dawud Bektasy dibentuk murokkab
(bertumpuk tumpuk) berbunyi : maa kaana Muhammadun abaa ahadin min rijalikum...)

Tsuluts jaliy ma'kus (berpantulan) karya Hasyim Muhammad berbunyi :
"wamaa utitum minal ilmi illa qalilan".
Lihat contoh lebih banyak di  25 Contoh Kaligrafi Tsuluts Terbaik

5.   Diwany

Jenis Kaligrafi ini sempat menjadi tulisan yang dirahasiakan oleh Daulah Usmaniyah karena keindahannya. Selanjutnya, setelah Sultan Muhammad Al Fatih berhasil menaklukkan Konstantinopel tahun 857 H, penggunaan Diwany mulai dipublikasikan meski terbatas pada penulisan diwan diwan resmi (pembukuan dokumen) Kerajaan Usmaniyah. Dan dari situlah jenis kaligrafi ini memperoleh namanya.

Sering disebutkan, bahwa yang pertama kali meletakkan kaidah kaidah Diwany adalah Ibrahim Munif At Turki. Selanjutnya Diwany memiliki tiga aliran gaya yaitu : gaya Turki, gaya Mesir, dan gaya Baghdad. Keindahan Diwany terletak pada keluwesannya dan banyak menggunakan huruf huruf memutar.

Diwany karya Taj Sirr Sayyid Ahmad.
Isinya hadis nabi : ayyuhan-naas inna lakum maálima fantahuu ilaa málimikum...dst
Diwany memiliki kreasi selanjutnya yang disebut diwany jaliy. Sebagian besar bentuk hurufnya mirip dengan diwany biasa, hanya saja hiasannya lebih "ramai". Juga dibedakan dengan adanya mahkota mahkota di kepala kepala hurufnya. Penulisannya juga menggunakan pena berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan 2 mata pena : pena besar untuk tulisan dan pena kecil untuk hiasan.

Diwani Jaly meskipun mengambil nama "diwani", ia harus dianggap sebagai jenis kaligrafi tersendiri karena bentuknya berbeda dengan diwani biasa. Hanya saja kebanyakan kaligrafer dan para peneliti, tidak menjadikan diwani jali sebagai jenis tersendiri karena dikembangkan oleh orang yang sama yang mengembangkan diwani biasa, antara lain Gazlan Bik. Berikut contoh  dan diwani jaliy :






SENI UKIR JEPARA


Dikisahkan seorang ahli seni pahat dan lukis bernama Prabangkara yang hidup pada masa Prabu Brawijaya dari Kerajaan Majapahit, pada suatu ketika sang raja menyuruh Prabangkara untuk membuat lukisan permaisuri raja sebagai ungkapan rasa cinta beliau pada permaisurinya yang sangat cantik dan mempesona.

Lukisan permaisuri yang tanpa busana itu dapat diselesaikan oleh Prabangkara dengan sempurna dan tentu saja hal ini membuat Raja Brawijaya menjadi curiga karena pada bagian tubuh tertentu dan rahasia terdapat tanda alami/khusus yang terdapat pula pada lukisan serta tempatnya/posisi dan bentuknya persis. Dengan suatu tipu muslihat, Prabangkara dengan segala peralatannya dibuang dengan cara diikat pada sebuah laying-layang yang setelah sampai di angkasa diputus talinya.
Dalam keadaan melayang-layang inilah pahat Prabangkara jatuh di suatu desa yang dikenal dengan nama Belakang Gunung di dekat kota Jepara.

SENI UKIR PAPUA


Bagi suku Asmat, seni ukir kayu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari yang telah turun temurun menjadi suatu kebudayaan yang bukan saja dikenal di Papua dan Indonesia, melainkan sudah ke seluruh dunia. Bagi setiap turis asing yang berkunjung ke Papua, rasanya kurang lengkap apabila tidak mengenal atau membeli cenderamata karya ukir suku Asmat dalam berbagai ukuran.
Ciri khas dari ukiran suku asmat adalah polanya yang unik dan bersifat naturalis, dimana dari pola-pola tersebut akan terlihat kerumitan cara membuatnya sehingga membuat karya ukir suku Asmat bernilai tinggi dan sangat banyak diminati para turis asing yang menggemari karya seni.
Dari segi model, ukiran suku Asmat memiliki pola dan ragam yang sangat banyak, mulai dari patung model manusia, binatang, perahu, panel, perisai, tifa, telur kaswari sampai ukiran tiang. Suku Asmat biasanya mengadopsi pengalaman dan lingkungan hidup sehari-hari sebagai pola ukiran mereka, seperti pohon, perahu, binatang dan orang berperahu, orang berburu dan lain-lain.
Mengukir adalah sebuah tradisi kehidupan dan ritual yang terkait erat dengan spiritualitas hidup dan penghormatan terhadap nenek moyang. Ketika Suku Asmat mengukir, mereka tidak sekedar membuat pola dalam kayu tetapi mengalirkan sebuah spiritualitas hidup.


Seni Ukir Patung di Bali 

Untuk seni ukir patung kayu di Bali yang terkenal adalah desa Mas, Kec. Ubud, Gianyar. Terletak sekitar 20 km dari Denpasar, kalau anda melakukan perjalanan tour atau sewa mobil , melewati patung bayi monumental di pertigaan desa Sakah dan lurus ke Utara. Deretan hasil seni ukir patung ini terlihat pada artshop sisi kiri dan kanan jalan. Ciri khas hasil karya para maestro di desa ini naturalisme dengan ciri humanisme. Mungkin darah seni dari jaman kerajaan dahulu pada saat Pangeran Mas memerintah disini, mengalir ke warga desa, sehingga sebagian besar penduduk desa wisata Mas sebagai pengrajin seni ukir patung kayu.Para maestro terkenal yang terlahir disini adalah; Ida bagus Nyana, Ida bagus Tilem dan I Nyoman Togog.














Motif Ukir Kalimantan Tengah

Motif ukiran Kalimantan Tengah adalah salah satu seni pahat yang melambangkan kekayaan budaya Kalimantan Tengah. Dalam membuat motif yang kaya seni tersebut masyarakat Kalimantan Tengah memiliki ciri khas dalam seni ukiran yang sangat menarik.

Biasanya ukiran tersebut dipahat atau digambarkan di talawang atau semacam perisai yang berasal dari Kalimantan Tengah. Maksud dari gambar tersebut biasanya untuk menakut-nakuti musuh apabila sedang berperang.

Seiring dengan perkembangan jaman ukiran Kalimantan Tengah berubah fungsi menjadi hiasan di dinding-dinding perkantoran di tiang kantor dan sebagai pajangan di dinding, bahkan menjadi motif penghias di rumah.






Motif Ukiran Kalimantan Timur (Dayak)


Kaltim terkenal dengan kayu ulin nya yang kuat keras dan tahan lama sampai ratusan tahun apabila di pulau jawa terkenal dengan jati dan ukiran nya di kalimamtan juga terdapat ukiran yang diukir pada kayu ulin yang bisa dibuat menjadi meja, kursi, tameng, ranjang, daun pintu, sumpitan, gasing dan lain-lain. Pada benda-benda tersebut diukir dengan motif ukiran Dayak sehingga apabila dijual harganya puluhan juta bahkan ratusan juta.
 
Suku Dayak merupakan masyarakat nan hayati di hutan-hutan Kalimantan, motif ukirannya pun sering mengambil bentuk alam, yaitu tumbuhan, satwa, serta berbagai simbol kepercayaan mereka. Mulai dari arsitektur bangunan rumah, peralatan rumah tangga, hingga perangkat kesenian termasuk ukiran, mengambil pola atau motif alam. Motif ukiran nan biasa dibuat berbentuk pohon, bunga (bunga anggrek), dan majemuk jenis hewan.

Lingkungan suku Dayak nan hayati di hutan Kalimantan itu sendiri merupakan satu karakteristik khas, akan melahirkan pengamatan nan khas pula, sehingga ketika diaplikaskan dalam ukiran, akan sangat terlihat bagaimana khasnya ukiran Kalimantan ini. Misalnya saja ketika mengambil ukiran bentuk kembang anggrek, tentu akan berbeda dengan ukiran kembang anggrek dari Jepara dan Bali 
Motif-motif ini dikerjakan dengan penuh ketukanan dan keuletan. Awalnya motif tersebut digambar dalam lembaran karton, kemudian dijiplak ke permukaan kayu ulin nan akan diukir.

Pengertian Seni Grafis

 

Hasil Karya Seni Grafis Modern
Kata grafika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), merupakan padanan untuk kata Inggris graphics boleh diartikan sebagai segala cara pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses pencetakan guna disampaikan kepada khalayak. Jadi, seni grafis adalah sebuah karya seni rupa yang memiliki wujud dua dimensi, dengan proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak berupa teknik manual ataupun teknik digital (yang sekarang sudah banyak digunakan), biasanya di atas kertas.











Seni Grafis

 

Sumber Gambar : yomaseptiantika.blogspot.com
Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang cara pembuatan karyanya dengan mengunakan teknik cetak pada kanvas atau media lain. Seni grafis menggunakan berbagai media, dari media tradisional sampai media kontemporer.
Saat ini seni grafis dengan menggunakan metode digital sangat populer, dengan menggunakan metode ini kamu bisa menciptakan karya grafis meliputi plat logam, papan kayu, lembaran kaca akrilik, Batu litografi atau lembaran linoleum.














Seni grafis 

adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Kecuali pada teknik Monotype, prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak, ini yang disebut dengan proses cetak. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Lukisan atau drawing, di sisi lain, menciptakan karya seni orisinil yang unik. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan, yang umum digunakan adalah: plat logam, biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa; batu digunakan untuk litografi; papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil, bukan sebuah salinan. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi, pada masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas.
Gunung Fuji, dari Tiga puluh Enam Pemandangan Gunung Fuji), cukilan kayu berwarna karya Katsushika Hokusai










Screen Printing (Cetak Saring)



Cetak saring adalah salah satu ragam seni grafis yang terbuat dari tahap cetakan dengan menggunakan bahan screen atau kain. Kain ini dilapisi dengan bahan yang peka akan cahaya. Screen kemudian ditutup film dan akan dilakukan penyinaran. Berikutnya screen akan dicuci selanjutnya akan terbentuk cetakan yang berlubang (saring) sesuai dengan filmnya.

Untuk dapat mencetak sesuai dengan bentuk yang ada di screen, maka diperlukan medianya, seperti pakaian, plastik, dan sebagainya. Selain medianya, diperlukan juga perlengkapan dan pealatan, seperti cat sablon, ulani, cromatine, dan film. Caranya adalah cat dituangkan diatas screen dan medianya diletakkan dibawah screen, maka media akan muncul gambar yang ada di screen.
















Cetak Tinggi



Cetak tinggi adalah salah satu ragam karya seni grafis yang pembuatannya sangat unik yaitu dengan proses pembataan dari bahan yang dicuil atau dicungkil, sehingga permukaannya menjadi tinggi dan rendah (relief). Pada bagian yang lebih tinggi ini akan dilumuri oleh tinta cetak dan alat rol karet.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan untuk cetak tinggi ini adalah karet hardboard, alumunium, kayu, cat minyak, tinta, kertas karton, kertas tela. Sedangkan alatnya adalah pisau dan penggaris. Contoh dari cetak tinggi ini bisa kamu lihat dari pembuatan stempel atau cap.














Printing Image (Cetak Foto)



Cetak foto juga salah satu raam seni grafis yang mungkin kamu sudah pernah mendengarnya. Pembuatan seni grafis ini dilakukan melalui pemotretan dengan menggunakan kamera, pencucian film dan juga percetakan gambar.

Teknik cetakan ini adalah afdruk khusus untuk fotografi digunakan bahan kertas, film dan bahan - bahan cuci film lainnya. Alat yang digunakan adalah kamera. Sedangkan bahannya adalah tinta dan kertas dengan alat komputer, kamera dan juga printer.
;

















Sentra Kerajinan Keramik di Indonesia'

 

Salah satu cabang dari seni rupa terapan ialah seni kriya keramik. Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos. Artinya, suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.




Sebagai negara yang kaya akan budayanya, Indonesia memiliki banyak sentra kerajinan, termasuk seni keramik. Berikut ini adalah beberapa daerah penghasil kerajinan keramik di Indonesia:
















Seni Kriya Keramik

        Seni keramik dapat juga dikategorikan sebagai cabang seni rupa murni yang karyanya berwujud tiga dimensi. Keramik dibuat dengan menggunakan bahan utama tempung,kaolin,atau tanah. Berikut adalah contoh seni kriya keramik























KERAJINAN KERAMIK

Keramik pada awalnya berasal dari bahasa Yunani keramikos yang artinya suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran.Kamus dan ensiklopedi tahun 1950-an mendefinisikan keramik/ceramic sebagai suatu hasil seni dan teknologi untuk menghasilkan barang dari tanah liat yang dibakar, seperti gerabah, genteng, porselin, dan sebagainya. Tetapi saat ini tidak semua keramik(pernak pernik) berasal dari tanah liat. Definisi pengertian keramik terbaru mencakup semua bahan bukan logam dan anorganik yang berbentuk padat. (Yusuf, 1998:2).
















Seni Keramik


Secara sederhana, seni rupa adalah ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangka dan dirasakan dengan rabaan. Perwujuda ini merupakan hasil pengolahan konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu.



Berdasarkan dimensinya, karya seni rupa dibagi dua, yaitu karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai dua ukuran dan karya seni rupa tiga dimensi yang mempunyai tiga ukuran atau memiliki ruang.

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa ada yang dibuat dengan pertimbangan utama untuk memenuhi fungsi praktis atau terapan (applied art), dan ada juga yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya saja tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Karya seni rupa dengan kategori ini disebut karya seni rupa murni.










Seni Keramik
adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.
contoh gambarnya



















Keramik Dinoyo

Indonesia memiliki bahan baku tanah liat melimpah. Setiap daerah pun memiliki karakter khas. Jika tanah liat di Malang akan kecoklatan jika dibakar, tanah liat Jawa Tengah menjadi keabu-abuan.

Pengrajin tanah liat atau biasa kita dengar dengan kerajinan keramik Dinoyo. Dinoyo adalah salah satu nama daerah yang berada di kota Malang. Di daerah inilah kita akan dapat menikmati keindahan berbagai bentuk kerajinan, mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar pun kita dapatkan di sini, tentunya dengan harga yang berfariasi.









SEJARAH KERAMIK DI INDONESIA

Di Indonesia, keramik sudah dikenal sejak jaman Neolithikum, diperkirakan rentang waktunya mulai dari 2500 SM–1000 SM. Peninggalan zaman ini diperkirakan banyak dipengaruhi oleh para imigran dari Asia Tenggara berupa: pengetahuan tentang kelautan, pertanian dan peternakan. Alat-alat berupa gerabah dan alat pembuat pakaian kulit kayu. Kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari selalu mengalami perubahan sesuai perkembangan zaman. Awalnya manusia membuat alat bantu untuk kebutuhan hidupnya, mulai dari membuat kapak dari batu. Seperti di Sumatra ditemukan pecahan-pecahan periuk belanga di Bukit Kulit Kerang. Meskipun pecahan tembikar tersebut kecil dan berkeping-keping namun telah terlihat adanya bukti nyata membuat wadah dari tanah liat. Di pantai selatan Jawa tepatnya diantara Yogyakarta dan Pacitan ditemukan pecahan tembikar yang berhiaskan teraan anyaman atau tenunan seperti hasil tenun yang di buat di Sumba. Di daerah Melolo (P. Sumba) ditemukan pula periuk belanga yang berisikan tulang tulang manusia. Peninggalan-peninggalan prasejarah ini juga ditemukan didaerah Banyuwangi, Kelapa Dua-Bogor, Kalumpang serta Minanga di Sulawesi, Gilimanuk di Bali dan juga penemuan pada waktu peninggalan arkeologis di sekitar candi Borobudur dan di Trowulan-Mojokerto. Termasuk juga peninggalan zaman Kerajaan Majapahit (abad 16 M) banyak di temukan bata-bata dan genteng dari tanah liat yang dibakar sebagai bahan bangunan, namun juga benda-benda seperti celengan. Pecahan-pecahan tembikar juga ditemukan di situs Batujaya, di Karawang Jawa Barat. Ditemukan juga fragmen yang terbuat dari terracotta. Sesuai penandaaan maka tembikar-tembikar ini ada pada abad ke 3 atau 4 masehi. Gambar tembikar juga terdapat pada relief hiasan bangunan, dan patung-patung. Ini memberikan indikasi bahwa tradisi pembuatan benda keramik dengan teknologi sederhana telah lama berlangsung. Keramik rakyat ini dari zaman ke zaman berkembang secara evolusioner. Penemuan keramik merangsang kreativitas manusia untuk menciptakan berbagai macam benda keramik yang di buat dari bahan tersebut. Pada perkembangan selanjutnya berbagai faktor turut menentukan kemajuan keramik diberbagai daerah. Faktor-faktor tersebut mempengaruhi kemajuan keramik, mulai dari faktor.

BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Seni rupa terapan adalah hasil karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan mempunyai fungsi atau manfaat. Fungsi karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Misalnya lukisan, patung,dan benda hias. Fungsi praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai.






















No comments:

Post a Comment