Sunday 26 March 2017

PEMGERTIAM TENTANG TEKS



TUGAS MANDIRI
Disusun oleh :
NAMA : NUR NAJMINA C
KELAS : VIII E
NO ABS : 13





MTsN KEDUNGGALAR
MANDIRI .BIN.2016

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya lah kami dapat menyelesaikan tugas ini
Untuk itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan di masa yang akan datang,. Sekiranya tugas yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun demi perbaikan di masa depan.         
                                                                                                  Kedunggalar,02 September 2016

                                                                                                                 Penyusun














DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL                                                                                                                       
KATA PENGANTAR                                                                                                                    
DAFTAR ISI                                                                                                                        
1.      pengertian, fungsi, struktur, kaidah kebahasaan                                                        
2.      Pengertian Teks Iklan                                                                                                
3.      Struktur Teks Iklan                                                                                                    
4.      Ciri-ciri Kebahasaan Teks Iklan                                                                                 
5.      Pengertian, ciri-ciri,dan jenis-jenis poster                                                                  
6.      Poster Propaganda                                                                                                     
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                         















1.      Pengertian Tentang Teks Iklan

Definisi atau pengertian dari teks iklan, yaitu sebuah kata atau kalimat yang dibuat sebagai suatu media promosi yang bersifat efektif dan spesifik dalam memasarkan sebuah produk ataupun jasa kepada masyarakat yang selaku konsumen atau pengguna. Teks iklan harus mempunyai tujuan memperkenalkan produk kepada masyarakat agar mereka dapat mengerti mengenai apa yang sebenarnya di iklankan kemudian dapat membelinya. Teks iklan harus dibuat dengan bahasa yang menarik, tidak terlalu panjang, padat, jelas dan yang terpenting harus sesuai dengan kenyataan yang ada.

2. Fungsi Sebuah Teks Iklan

Dari informasi tentang pengertian teks iklan sudah dapat diketahui dengan jelas bahwa fungsi teks iklan adalah untuk mengenalkan produk atau jasa yang dimaksud pada iklan tersebut, digunakan untuk menawarkan suatu jasa tau produk dan digunakan juga untuk mengajak masyarakat agar mau untuk membelinya.
Dapat disimpulkan bahwa teks iklan difungsikan sebagai kata atau kalimat rayuan supaya ada banyak orang yang tertarik untuk membelinya. 

3. Tentang Struktur Teks Iklan

Setelah mengetahui definisi atau pengertian dari teks iklan dan setelah mengetahui informasi tentang fungsinya, selanjutnya akan dijelaskan pula tentang struktur teks iklan. Bagi yang ingin membuat iklan atau yang baru ingin belajar membuatnya, inilah beberapa struktur yang harus disesuaikan perletakkannya atau keberadaannya.
  • Judul iklan : Sesuai dengan membuat judul dalam teks apapun, judul harus berada di paling atas. Namun bedanya judul yang ada pada teks iklan ini cenderung diletakkan di bagian kiri atas.
  • Nama produk atau jasa : Ketika membuat teks iklan jangan lupa untuk mencantumkan nama produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Stuktur deskripsi produk atau jasa : Struktur deskripsi produk atau jasa yang ditawarkan juga harus dilengkapi, yaitu kalimat yang berisikan tentang penjelasan produk atau jasa yang dimaksudkan dan jika perlu harus lengkap dengan nomor telepon dan alamat lengkap.



4. Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Saat membuat teks iklan, kata-kata atau kalimat yang digunakan haruslah menarik, agar tidak terjadi kesalahan ketika membuatnya, oleh karena itu ada kaidah kebahasaan teks iklan yang harus dipenuhi ketika membuatnya, yaitu :
a. Memakai Kalimat Slogan
Slogan mempunyai pengertian sebagai kalimat yang menarik dan mudah diingat pada saat menyampaikan sesuatu agar sebuah teks iklan mempunyai pesan dengan daya tarik tersendiri untuk para konsumen atau pengguna. Saat membuat kalimat slogan dalam teks iklan, susunannya harus menjelaskan informasi tentang produk ataupun jasa yang ditawarkan, agar lebih diingat oleh publik. Selain itu, kalimat selogan juga harus dibuat sekreatif mungkin.
b. Memakai Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif ialah sebuah kalimat berupa rayuan yang berguna untuk menarik hati masyarakat untuk membelinya. Oleh karena itu, kalimat persuasif harus dibuat secara singkat, padat dan jelas, seperti : “berkualitas, serba guna dan terjangkau”.

c. Memakai Subjek Orang Pertama Tunggal Atau Jamak

Teks iklan yang baik dan benar harus menggunakan subjek dari orang pertama tunggal atau jamak, seperti kami, kita, saya, aku dan lain-lain. Pemakaian subjek orang pertama tersebut diperuntukkan sebagai penganti orang, pihak ataupun perusahaan yang memasang iklan.

5. Contoh Teks Iklan

Sebagai pelengkap informasi sekaligus inti dari pembahasan, dibawah ini akan diberikan beberapa contoh teks iklan yang dapat dijadikan sebagai paduan membuat teks iklan. Beberapa contoh text iklan tersebut adalah :

E.PENGERTIAN, CIRI-CIRI,DAN JENIS-JENIS POSTER
  • PENGERTIAN
Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar. Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
  • CIRI-CIRI
 Poster sebagai suatu karya seni harus memenuhi kriteria:
  1. Dapat menjangkau khalayak sasaran heterogen.
  2. Mempunyai frekuensi tinggi sehingga dapat dilihat berkali-kali.
  3. Cepat memperoleh perhatian.
  4. Adanya kesatuan yang harmonis antara unsur-unsur penyusunan poster seperti unsur teks verbal headline, bodycopy, caption (keterangan gambar), unsur rupa / visualnya (ilustrasi / elemen disain).
  5. Memberikan kejutan sehingga menarik perhatian, bisa dicapai dengan kontras warna, ilustrasi, bentuk huruf dan komposisi.
  6. Jarak pandang minimum 5-6 meter 
Tujuan Slogan
Pembuatan slogan tentu ada maksud dan tujuan tertentu, dan dibawah ini adalah beberapa maksud dan tujuan dari dibuatnya sebuah poster yang umum kita lihat:
  • Menyampaikan informasi.
  • Mempengaruhi orang lain.
  • Menghimbau orang lain.
  • Memotivasi orang lain.
  • Menyadarkan masyarakat.
F.Poster Propaganda
 adalah poster yang memilik tujuan untuk mengembalikan semangat pembaca atas perjuangan atau usaha seseorang dalam melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan.





No comments:

Post a Comment