Sunday 5 March 2017

KLIPING RUMAH BAMBU



KLIPING

SENI RUPA (VISUAL ART)

RUMAH DENGAN BAHAN BAKU BAMBU

Disusun oleh :

PUGUH SETIYONO

XII IPS 2

 

SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR

Tahun Pelajaran 2016/2017

 

 

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat, taufik serta karunia-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan tugas seni rupa  yang berjudul “RUMAH DENGAN BAHAN BAKU BAMBU”. Maksud dari tugas  ini adalah untuk memenuhi tugas prakarya . Dalam kesempatan ini kami menyadari bahwa tanpa bantuan, dorongan, dan bimbingan dari berbagai pihak, tugas ini tidak akan selesai dengan baik dan sempurna. Oleh karena itu kami mengucapkan terima
Kami berharap demi kesempurnaan tugas ini ini, memohon sumbangan kritik dan saran untuk memperbaiki penulisan makalah yang akan datang.
Demikian kata pengantar dari kami. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan semoga makalah ini, dapat bermanfaat bagi kita semua AMIN.

Kedunggalar,25 Januari 2017

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                        i

KATA PENGANTAR                                                                                     ii

DAFTAR ISI                                                                                                          iii

1.            Contoh Gambar Desain Rumah Bambu Unik                                        1

2.            Rumah bambu minimalis                                                                   2

3.            Gambar Desain Rumah Bambu Dengan Bentuk Unik 2016                     3

4.            Desain rumah bambu unik                                                                4
5.            Rumah bambu sederhana                                                                 5
6.            Gambar Desain Rumah Bambu Unik Minimalis                                     6       
7.            Rumah Bambu Sederhana Modern                                                     7
8.            Desain Rumah Dengan Bilik Bambu Terbaru                                        8
9.            Rumah Bambu yang cantik                                                                9
10.         Gambar Rumah Bambu Yang Cantik                                                   10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



1.Contoh Gambar Desain Rumah Bambu Unik

 

Setiap rumah mempunyai ciri khas model atau desain, hunian minimalislah yang saat ini orang yang sedeng ngegandrunginya dikarenakan modelnya yang sederhana dan simpel. Maka tidak memerlukan lahan yang sangat luas untuk membangunya, dengan jaman yang banyak perkembangan inovasi yang bisa mendapatkan atau menghadirkan desain dan model rumah jenis tersebut, misalnya rumah minimalis tersebut memakai bahan maretila seperti pohon bambu, selain bisa membuat nuansa alami rumah tersebut juga unik dan cantik untuk dipandang mata.
Mungkin jika diperkotaan masih belum banyak rumah seperti ini, namun anda yang sering jalan-jalan ke desa pastinya anda sudah pernah melihatnya hunian dengan menggunakan berbahan pohon bambu, pada umunya desain dan modelnya sangat standard dan cenderung, nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan




2. Rumah bambu minimalis

Rumah minimalis ini juga sama bila memakai bilik bambu sebagai motif yang indah, untuk bagian lantainya bisa anda memaki keramik dan untuk bagian warna pilihlah warna yang gelap suapya tidak mencolok, untuk bagian atap rumah bisa anda memakai atap alang alang, supaya berkesan tradisional untuk rumah seperti ini, tetapi rumah sepertini masih cukup sulit jika membuat di perkotaan yang sudah banyak lahan terisi, untuk rumah bambu ini lebih cocok dibangun di perdesaan yang masih banyak lahan yang luas.
Rumah bambu tersebut juga bisa anda dijadikan alternatif dengan suasana yang segar dan juga sejuk, maka tidak heran jika rumah bambu ini menghadirkan untuk tempat inap supaya pengunjung merasakan kesejukan dan juga keindahan pada rumah bambu ini
Itulah informasi dan contoh gambar hunian bambu minimalis yang bisa kami sampaikan kepada anda, semoga anda bisa menginspirasikan. Terima kasih semoga bermanfaat untuk anda.



3. Desain Rumah Bambu Dengan Bentuk Unik 2016



 

Contoh Gambar Desain Rumah Bambu Dengan Bentuk Unik 2016-Memiliki rumah adalah impian dari setiap manusia, karena fungsi sebuah rumah selain tempat untuk beristirahat juga merupakan tempat berlindung dan bernaung baik untuk kita sendiri juga keluarga, agar terhindar dari panasnya terik dan juga dinginya malam. Memiliki rumah tentunya tidaklah mudah seperti halnya kita membalikan telapak tangan, Hal ini di karenakan untuk membangun sebuah rumah pastinya di perlukan banyak hal dari mulai finansial sampai desain dari rumah yang di idamkan. Rumah dengan desain minimalis lah yang saat ini bisa di katakan yang sedang menjamur di masyarakat, mungkin bisa dikatakan bukan hanya di perkotaan saja yang identik dengan keterbatasn lahan yang ada. Justru di pedesaan pun sekarang sudah banyak masyrakat yang membangun rumah dengan desain minimalis tersebut karena memiliki lahan yang sempit.




4. Desain rumah bambu unik

Prinsip memiliki rumah adalah bukan terlihat dari kemewahan dan juga kemegahan dari rumah itu sendiri, namun yang terpenting adalah adanya rasa nyaman dan ketenangan yang tercipta ketika kita menghuni tempat tinggal tersebut. Karena bukanlah sebuah jaminan memiliki rumah besar dan mewah memiliki rasa nyaman, sebagai solusi untuk anda yang menginginkan rumah bergaya antik dan unik salah satu desain rumah minimalis yang bisa anda aplikasikan adalah berbahan dasar dari Bambu pastinya ini merupakan hal yang sangat unik bukan? dimana untuk desain rumah seperti ini mungkin masih belum terlalu banyak orang yang memilikinya. Dan sebagai bahan referensi untuk anda, di bawah ini kami sediakan beberapa Contoh Rumah Desain Bambu untuk anda simak seperti desain rumah bambu sederhana, rumah bambu modern atau rumah bambu 2 lantai dan rumah bambu unik, untuk selengkapnya bisa anda lihat seperti di bawah ini.




1.         Rumah bambu sederhana

Kesan tradisional akan terasa ketika memasuki rumah bambu, untuk membangun rumah dengan pemilihan bahan material bambu kita harus menggunakan jenis bambu pilihan seperti umur bambu tersebut sudah diatas 4 sampai 5 tahun atau anda bisa merendam bambu tersebut terlebih dahulu dengan tujuan agar tidak mudah termakan rayap sehingga nantinya rumah anda akan lebih awet, jika ingin menambahkan kesan yang tradisional maka kita juga bisa memakai atap rumah kita dengan menggunakan dari rumput alang-alang.
Selain nyaman dihuni rumah bambu juga tentunya mempunyai segudang keunggulan diantaranya ialah biaya membangun rumah yang relatif murah, tahan terhadap guncangan gempa bumi dan masih banyak lagi yang lainnya, agar menambah kesan yang sejuk, jika anda memiliki lahan yang lebih pada area depan maupun samping, kita bisa membangun sebuah taman yang di lengkapi dengan kolam ikan.
Mungkin untuk sebagian orang yang ada di perkotaan untuk desain seperti dari bahan bambu ini masih sangat jarang, namun ketika anda mencoba masuk di area pedesaan ternyatamasih  sangat banyak rumah dengan desain bambu. Perlu anda ketahui bahwa perspektif akan rumah bambu ini bukan saja menggunakan Full dari bambu seutuhnya,dimana banyak juga rumah yang menggunakan bahan dari bilik bambu dan bahkan kombinasi memakai bata merah di bawahnya.

6.Gambar Desain Rumah Bambu Unik Minimalis

 

Gambar Desain Rumah Bambu Unik Minimalis-Setiap hunian memiliki model dan desain tersendiri, salah satu hunian yang sedang di gandrungi adalah rumah minimalis, hal ini tentunya di sebabkan oleh beberapa alasan salah satunya adalah bentuknya yang simple dan sederhana namun tetap terlihat elegan, selain itu rumah minimalis juga tidak membutuhkan lahan yang luas, namun seiring perkembangannya banyak inovasi baru yang menghasilkan variasi model hunian jenis ini, misalnya yang satu ini rumah minimalis yang bermaterialkan pohon bambu, selain dapat menghasilkan nuansa alami, rumah jenis ini juga terlihat lebih unik dan cantik.
Mungkin kalau di perkotaan kita belum banyak menemukan rumah dengan konsep yang seperti ini, tapi bagi mereka yang suka bepergian ke pedesaan ataupun pedalaman pastinya sering melihat rumah dengan bahan utama dari pohon bambu, tapi pada umumnya memiliki desain dan model yang standard yang cenderung monoton, lalu seperti apakah rumah bambu minimalis  ini? baiklah, untuk dapat memberikan gambaran tentang model rumah bambu minimalis ini, berikut ini adalah beberapa contohnya.


7.Rumah Bambu Sederhana Modern 

 

Desain Rumah Bambu Modern ini menjadi incaran banyak orang pecinta rumah kayu, karena rumah bambu tidak hanya digunakan olehj orang-orang terdahulu, tapi modern ini ternyata banyak juga yang berminat memiliki rumah bambu modern sedrhana yang tentunya memiliki nilai seni yang tinggi. Rumah bambu menjadi pilihan karena memang cara buatnya tidak butuh biayaya yang mahal namun mudah dibuat dan tampilannya lebih unik dan anti mainstream.
Apalagi di zaman modern ini orang-orang pada berlomba-lomba membangun gedung-gedung yang tinggi dan tidak lagi tertarik dengan rumah bambu yang dianggap lemah dan tertinggal oleh jaman. Namun bagi sebagian orang yang tertarik dengan rumah bambu maka itu menjadi keunikan tersendiri bagi mereka ditengah tengah gempuran zaman modern.

8.Desain Rumah Dengan Bilik Bambu Terbaru

 

 


Desain Rumah Bilik Bambu
Berikut ini kami akan membahas beberapa kriteria dan beberapa contoh desain rumah bilik bambu yang menarik dan dapat diaplikasikan dalam pedesaan maupun perkotaan. Dan desain rumah bambu merupakan salah satu desain rumah yang menarik untuk kita pelajari, selain desainnya yang unik rumah bamboo ini tahan lama, tahan gempa dan juga lain sebagainya. Nah agar bangunan bambu bisa bertahan lama alangkah baiknya jika anda melakukan beberapa tips berikut ini:
Tata cara untuk membangun desain rumah bilik bambu
  1. Sebelum bangunan kita didirikan, sebaiknya kita lakukan perendaman terhadap bambu – bambu yang akan digunakan, semua ini bertujuan untuk pengawetan bambu.
  2. Dan pilihlah beberapa jenis bambu yang tentunya memiliki diameter yang sudah anda perhitungkan terlebih dahulu dan ambil bambu dengan diameter yang sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
  3. Nah jika desain rumah bilik bambu sudah berdiri maka pertama kali yang perlu anda lakukan adalah memberian pernis,Nah pernis disini berfungsi dalam pengawetan bambu itu sendiri agar tidak dimakan rayap atau termakan usia, dan selain itu jika kita dapat memilih pernis dengan tepat maka keindahan desain rumah bambu akan semakin terlihat.

9.Rumah Bambu yang cantik


Bambu merupakan bahan yang paling mudah didapatkan dari lingkungan sekitar. Harga bambu saat ini berkisar antara Rp20.000-25.000 per-batangnya.Seiring dengan perkembangan zaman, rumah bambu kini makin banyak digandrungi. Berbagai inovasi rumah minimalis dari bahan bambu telah bermunculan. Rumah bambu cenderung menumbuhkan nuansa adem, alami, sejuk, dan cantik.Sayangnya, di kawasan perkotaan di Indonesia belum banyak yang memakai konsep rumah bambu. Padahal, dari sisi biaya, rumah bambu jauh lebih irit.
            Pokoknya, rumah bambu sangat direkomendasikan untuk dijadikan hunian di tengah merambahnya pemanasan global. Supaya tidak monoton, kamu bisa memilih desain-desain modern untuk diaplikasikan ke rumah bambu.

 

 

 

 

 

10.Gambar Rumah Bambu Yang Cantik

 



Contoh Gambar Rumah Bambu yang Cantik – Setiap bangunan rumah memang pada dasarnya memiliki model dan juga desain tersendiri yang membuat cantik rumah tersebut dan membuat penghuninya merasa nyaman untuk menempatinya. Nah, salah satu hunian yang kini sedang di gandrungi banyak keluarga Indonesia adalah rumah minimalis. Dengan luas tanah yang tidak terlalu besar dan juga penataan desain serta infrastruktur yang cukup bagus, rumah minimalis menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat indoensia. Namun rumah yang bagus bukan hanya rumah yang dibangun dengan batu bata dan material lain lho, karena bisa rumah yang hanya dibuat dengan material bambu dapat menjadi lebih indah dengan beberapa sentuhan disain rumah bambu itu sendiri dan juga sisi pewarnaanya.


Memang rumah bambu ini kebanyakan digunakan oleh masyarakat pedesaan atau pelosok daerah, kemungkinan untuk wilayah perkotaan masih jarang. Namun bila anda ingin membangun rumah bambu, anda juga perlu membuat konsep desainnya dan juga sisi pewarnaan dindingnya. Nah, bicara mengenai rumah bambu, berikut ini kami juga akan berikan Gambaran Desain Rumah Bambu yang Cantik. Simak selengkapnya dibawah ini.

No comments:

Post a Comment