LAPORAN
HASIL DISKUSI
“UJIAN NASIONAL
DALAM PENDIDIKAN NASIONAL”
Di
susun oleh :
AYU FITRA FEBIOLA
Kelas
: XI IPA 1
SMA
NEGERI 1 KEDUNGGALAR NGAWI
TAHUN
AJARAN 2016/2017
A. Nama
dan Bentuk Kegiatan
Nama kegiatan adalah diskusi dan bentuk kegiatanya
adalah presentasi.
B. Waktu
dan tempat kegiatan
Diskusi
dilaksanakan pada :
v Hari :
v Tanggal :
v Waktu : 10.00-11.45WIB
v Tempat
: Di
kelas XI IPA 1
C. Peserta
Peserta terdiri dari satu guru Bahasa Indonesia dan
seluruh siswa kelas XI IPA 1.
Sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 27.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Ujian
Nasional sangatlah penting bagi siswa. Ujian Nasional sangat dibutuhkan karena
menentukan nilai untuk masuk keperguruan tinggi. Presiden tetap memberlakukan
untuk kelulusan dengan beberapa perbaikan. UN tahun 2017 berbeda dengan tahun
sebelumnya. Yang mana tahun ini di tambah beberapa materi USBN/US. Untuk itu
siswa diharapkan belajar sungguh-sungguh karena UN dan USBN ini akan menjadi
parameter untuk masuk kuliah. Diharapakan siswa bisa fokus pada mata pelajaran
yang diinginkan.
B.
RUMUSAN
MASALAH
Mengapa
perubahan mapel Ujian Nasional pada tahun 2017 diubah ?
C.
TUJUAN
ü Melatih
siswa siswi mengeluarkan pendapat/gagasan secara lisan.
ü Melatih
siswa kritis dalam menanggapi permasalahan.
D.
METDOLOGI
Metodologi
yang dihasilkan pada diskusi ini yaitu member tanggapan, saran, dan kritikan
kepada penyaji.
BAB
II
PEMBAHASAN
E.
MATERI/RINGKASAN
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengurangi jumlah
mata pelajaran pada UN 2017. Selain 3 mapel wajib yang akan diujikan para siswa
SMA dapat memilih satu mapel sesuai peminatan untuk diujikan. Mentri Pendidikan
dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Muhadjir Effendy menjelaskan, “hal itudilakukan agar
siswa lebih fokus pada pendalaman materi di mapel perminatan”. Agar para siswa
juga bias mendalami materi yang diujikan.
F.
HASIL
DISKUSI
Siswa dapat lebih leluasa menguasai materi yang
dijadikan dan dapat fokus di mapel yang diminati. Peserta dalam diskusi telah
memenuhi target karena ditargetkan ada 20 pertanyaan. Ternyata malah ada 3
pertanyaan/tanggapan. Dan banyak siswa yang menanggapi tidak setuju karena
siswa berfikir itu sangat menyulitkan. Jika nanti ada siswa yang tidak masuk ke
perguruan tinggi akan memberatkan siswa tersebut.
BAB III
PERMASALAHAN
G.
HAMBATAN
1. Ada
siswa yang tidak setuju dengan diskusi kami karena itu ada perdebatan yang
serius diantara siswa-siswa di kelas XI IPA 1.
2. Waktu
diskusi terbatas, jadi diskusi belum selesai sudah bel pulang.
3. Penyaji
belum bisa mendalami materi.
H.
CARA
MENGATASI HAMBATAN
1.
Perdebatan tersebut
dapat diatasi dengan baik ada peserta lain yang menengahi perdebatan tersebut.
2.
Kendala waktu tersebut
dapat diatasi dengan baik dan dapat diatur dan pertanyaan-pertanyaan teratasi.
3.
Semua hambatan tersebut
dapat diatasi ada kelompok yang membantu menjawab.
BAB IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Bahwa
perubahan mata pelajaran UN pada tingkat SMA/SMK sangat penting karena siswa
dapat fokus pada satu mata pelajaran peminatan.
B.
SARAN
Seharusnya
sebelum diskusi ditampilkan semua penyaji harus siap dan lebih menguasai materi
yang disampaikan agar saat ada tanggapan atau pertanyaan penyaji langsung bisa
menjawab dengan tegas dan peserta lebih bisa menerima jawaban dan dapat
mendalaminya.
Kedunggalar, 21 Februari 2017
Penulis,
Ayu Fitra Febiola
No comments:
Post a Comment