Sunday, 19 March 2017

LAPORAN HASIL DISKUSI



LAPORAN HASIL DISKUSI
UJIAN NASIONAL DALAM PENDIDIKAN NASIONAL

 


Di susun oleh :
AYU FITRA FEBIOLA
Kelas : XI IPA 1




SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR NGAWI
TAHUN AJARAN 2016/2017


A.    Nama dan Bentuk Kegiatan
Nama kegiatan adalah diskusi dan bentuk kegiatanya adalah presentasi.

B.    Waktu dan tempat kegiatan
Diskusi dilaksanakan pada :
v  Hari               :   
v  Tanggal          :   
v  Waktu            :    10.00-11.45WIB
v  Tempat          :    Di kelas XI IPA 1

C.    Peserta
Peserta terdiri dari satu guru Bahasa Indonesia dan seluruh siswa kelas XI IPA 1. Sehingga jumlah keseluruhan peserta adalah 27.


























BAB I
 PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Ujian Nasional sangatlah penting bagi siswa. Ujian Nasional sangat dibutuhkan karena menentukan nilai untuk masuk keperguruan tinggi. Presiden tetap memberlakukan untuk kelulusan dengan beberapa perbaikan. UN tahun 2017 berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang mana tahun ini di tambah beberapa materi USBN/US. Untuk itu siswa diharapkan belajar sungguh-sungguh karena UN dan USBN ini akan menjadi parameter untuk masuk kuliah. Diharapakan siswa bisa fokus pada mata pelajaran yang diinginkan.

B.     RUMUSAN MASALAH
Mengapa perubahan mapel Ujian Nasional pada tahun 2017 diubah ?

C.    TUJUAN
ü  Melatih siswa siswi mengeluarkan pendapat/gagasan secara lisan.
ü  Melatih siswa kritis dalam menanggapi permasalahan.
D.    METDOLOGI
Metodologi yang dihasilkan pada diskusi ini yaitu member tanggapan, saran, dan kritikan kepada penyaji.



















BAB II
PEMBAHASAN

E.     MATERI/RINGKASAN
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengurangi jumlah mata pelajaran pada UN 2017. Selain 3 mapel wajib yang akan diujikan para siswa SMA dapat memilih satu mapel sesuai peminatan untuk diujikan. Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Muhadjir Effendy menjelaskan, “hal itudilakukan agar siswa lebih fokus pada pendalaman materi di mapel perminatan”. Agar para siswa juga bias mendalami materi yang diujikan.

F.     HASIL DISKUSI
Siswa dapat lebih leluasa menguasai materi yang dijadikan dan dapat fokus di mapel yang diminati. Peserta dalam diskusi telah memenuhi target karena ditargetkan ada 20 pertanyaan. Ternyata malah ada 3 pertanyaan/tanggapan. Dan banyak siswa yang menanggapi tidak setuju karena siswa berfikir itu sangat menyulitkan. Jika nanti ada siswa yang tidak masuk ke perguruan tinggi akan memberatkan siswa tersebut.























BAB III
PERMASALAHAN


G.    HAMBATAN
1.      Ada siswa yang tidak setuju dengan diskusi kami karena itu ada perdebatan yang serius diantara siswa-siswa di kelas XI IPA 1.
2.      Waktu diskusi terbatas, jadi diskusi belum selesai sudah bel pulang.
3.      Penyaji belum bisa mendalami materi.

H.    CARA MENGATASI HAMBATAN
1.      Perdebatan tersebut dapat diatasi dengan baik ada peserta lain yang menengahi perdebatan tersebut.
2.      Kendala waktu tersebut dapat diatasi dengan baik dan dapat diatur dan pertanyaan-pertanyaan teratasi.
3.      Semua hambatan tersebut dapat diatasi ada kelompok yang membantu menjawab.























BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Bahwa perubahan mata pelajaran UN pada tingkat SMA/SMK sangat penting karena siswa dapat fokus pada satu mata pelajaran peminatan.

B.     SARAN
         Seharusnya sebelum diskusi ditampilkan semua penyaji harus siap dan lebih menguasai materi yang disampaikan agar saat ada tanggapan atau pertanyaan penyaji langsung bisa menjawab dengan tegas dan peserta lebih bisa menerima jawaban dan dapat mendalaminya.



                 







                                                                                                            Kedunggalar, 21 Februari 2017
Penulis,


Ayu Fitra Febiola

No comments:

Post a Comment