TUGAS BAHASA INDONESIA
PENGARUH
INTERNET BAGI PELAJAR
Disusun
oleh :
1.
ANIS
AGUSTINA (03)
2.
DINA
SAFITRI (09)
SMPN 1 KEDUNGGALAR
Jl
Slamet Riyadi No 40 Kedunggalar Ngawi
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
LEMBAR PENGESAHAN
Karya
tulis yang berjudul “PENGARUH INTERNET BAGI PELAJAR” ini tlah di
setujui dan di sahkan oleh Kepala Seklah
dan gur mata pelajaran Bahasa Indnesia
Hari :
Tanggal :
Kedungalar,18 Maret 2017
Guru Pembimbing Wali kelas
RINA
YULAIKAWATI,M.Pd SITI
FARIZATUS ZURAIDA,S.Pd
NIP 197507202008012016 NIP
Kepala SMPN 1 Kedunggalar
SURATMAN,S.Pd,M.A
NIP 19600101 199003 1015
PERSEMBAHAN
Karya
tulis yang berjudul “PENGARUH INTERNET BAGI PELAJAR” ini disusun
khusus dan dipersembahkan kepada:
1. Bapak SURATMAN,S.Pd,M.A selaku Kepala Sekolah SMP NEGERI 1
Kedunggalar
2.
Ibu
Rina Yulaikawati,S.Pd selaku pembimbing karya tulis ini
3.
Guru
dan Karyawan di SMPN 1 Kedunggalar
4.
Ibu
SITI FARIZATUS
ZURAIDA,S.Pd selaku
wali keals IX F
5.
Teman
teman dan para pembaca yang budiman
MOTTO
· Jangan ingat lelahnya belajar,
tapi ingat buah manisnya yang bisa dipetik kelak ketika sukses.
· Tidak ada hal yang sia-sia dalam
belajar karena ilmu akan bermanfaat pada waktunya.
· Kegagalan dan kesalahan mengajari
kta untuk mengambil pelajaran dan menjadi lebih baik.
· Jadilah diri kita sendiri karena
itu lebih baik daripada berpura-pura menjadi orang lain yang baik.
· Kita lebih besar dan lebih baik
dari apa yang kita pikirkan.
· Jangan mundur sebelum melangkah,
setelah melangkah jalani dengan cara terbaik yang kita bias lakukan.
· Jadilah orang yang rajin sebelum
menyesali kemalasan yang membuat kita melewatkan kesempatan emas.
· Orang yang belajar dari kesalahan
dalah orang yang berani sukses.
· Tiada hari untuk mengeluh, tiada
hari tanpa belajar.
· Belajar tidak selalu dari buku,
lingkungan juga bisa membuat kita mengambil pelajaran.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat, taufik, serta
hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik dan dapat
selesai tepat pada waktunya. Penyusunan makalah ini tentunya tidak lepas dari
bantuan berbagai pihak, untuk ini kami ucapkan terima kasih kepada:
1.
Bapak Suratman,S.Pd,M.A Selaku Kepala SMP Negeri 1
Kedunggalar
2.
Ibu Rina Yulaikawati,M.Pd selaku pembimbing
3.
Semua rekan dan pihak
pihak yang telah membantu terwujudnya makalah ini
Pada penyusunan makalah ini kami mengambil judul “ Penyalahgunaan Internet di
Kalangan Pelajar”. Di sini kami membahas tentang masalah penyalahgunaan
internet yang kini sedang marak di Indonesia yang pelakunya mayoritas adalah
pelajar. Untuk lebih jelasnya, kami akan menjelaskan secara lengkap dan detail
pada halaman berikutnya.
Kami berharap meskipun penyusunan makalah ini masih jauh
dari sempurna semoga dapat bermanfaat bagi pembaca khususnya para pelajar agar
kita semua dapat mengambil pelajaran dan nilai-nilai positif dari teknologi
masa kini. Ada kurang lebihnya kami mohon saran dan kritik yang bersifat
membangun demi kesempurnaan penyusunan karya tulis selanjutnya.
Kedunggalar ,18 Maret
2017
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
HALAMAN PERSEMBAHAN iii
MOTTO iv
KATA PENGANTAR v
DAFTAR ISI vi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latara Belakang 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan penulisan 1
D. Metode Penulisan 2
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian internet 3
B. Dampak positif dan dampak negative internet bagi pelajar 4
C. Penggunaan computer dalam kehidupan sehari-hari 5
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan 7
B. Saran 7
DAFTAR
PUSTAKA 8
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Dengan
hadirnya internet yang merupakan pengembangan teknologi komunikasi dan
informasi, maka semakin mudah mengakses berbagai informasi secara
internasional. Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih ini bukan
hanya member manfaat bagi penggunanya tapi juga menimbulkan pengaruh yang
negative bagi penggunanya, terutama bagi kalangan pelajar. Informasi-informasi
atau situs-situs yang dapat diakses dari internet ada yang bermanfaat bagi
perkembangan ilmu pengetahuan tapi ada juga yang dapat merusak mental dari
kalangan pelajar yaitu situs-situs porno.
Dengan adanya internet yang dapat mempengaruhi sisi baik dan sisi jelek dari
pengguna internet terutama dikalangan pelajar, maka dapat menarik perhatian
ini, sekaligus menganalisis dampak positif dan dampak negative internet
terhadap pelajar.
Sekarang
ini banyak orang yang tahu memainkan computer termasuk orang dewasa ataupun
orang yang masih kecil namun penggunanya masih kurang efisien, karena hanya
memanfaatkan keunggulan computer tersebut sebagai media untuk permainan dan
belum mengetahui dampak-dampak apakah yang nanti akan terjadi.
Ini
yang membuat banyak kerusakan pada kalangan muda yang nanti akan memimpin
bangsa Indonesia nantinya, oleh karena itu saya mengambil topic ini tentang
pengaruhnya terhadap para pelajar.
B. Rumusan masalah
1.
Seberapa pentingkah internet dalam kehidupan kita
sehari-hari ?
2.
Apa sajakah dampak positif dan dampak negative
yang ada dalam internet ?
3.
Apakah internet bias merusak kehidupan pengguna
computer ?
C. Tujuan penulisan
1.
Mengetahui peran yang penting dalam internet.
2.
Mengetahui cara pemakaian dalam internet.
3.
Mengetahui dampak penggunaan internet.
D. Metode
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Tinjauan Pustaka
2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
Metode yang kami gunakan untuk penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1. Tinjauan Pustaka
2. Pengamatan langsung
Kami mempergunakan metode ini dengan pertimbangan karena metode ini sangat relevan untuk penulisan makalah dampak positip dan negatip internet terhadap pelajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian internet
Internet (kependekan dari
interconnected-networking) ialah system global dari seluruh jaringan computer
yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suire (TCP/IP)
Untuk melayani milliaran pengguna diseluruh dunia. Manakala internet
(huruf ‘I’ besar) ialah system computer umum, yang terhubung secara global dan
menggunakan TCP/IP sebagai protocol pertukaran paket (paket switching
communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan internet.
Cara menghubungkan rangkaian dengan keadaan ini dinamakan internetworking.
Jumlah pengguna internet yang besar dan
semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai
pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan
mesin pencari seperti geogle, pengguna diseluruh dunia mempunyai akses internet
yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding dengan buku dan
perpustakaan, internet melambangkan penyebaran (decentralisasion) /pengetahuan
(knamledge) informasi dan secara data ekstrem.
B. Dampak positif dan dampak negative internet bagi pelajar
1. Dampak positif internet bagi pelajar
Dapat
mengakses data secara mudah
Pelajar sering mendapatkan tugas untuk mereferensi suatu berita atau
informasi dari sumber infomasi. Dahulu sebelum ada internet mereka mencari dari
Koran, surat kabar, majalah, radio, televise atau yang lain dimana sumber itu
sulit diakses kapan saja sesuai keinginan mereka, sehingga mereka membutuhkan
waktu yang lama untuk mencari suatu berita atau informasi yang diinginkan.
Tetapi setelah ada internet mereka lebih mudah mencari suatu data atau
informasi yang diinginkan secara cepat dan mudah baik itu data yang terupdate
atau data lama melalui media internet.
Sebagai
media telekomunikasi yang efektif
Dengan adanya internet para pelajar dapat berkomunikasi dengan sesamanya
dengan cepat dan mudah, tanpa batasan waktu dan jarak. Untuk menanyakan suatu
tugas mereka hanya perlu menanyakan teman-temannya dengan cepat.
Sebagai
sarana untuk membangun komunitas diantara pelajar
Sebagai pelajar mereka juga butuh banyak teman untuk membangu komunitas
dan memenuhi kebutuhan social, karena bagaimanapun manusia merupakan makhluk
social. Oleh sebab itu internet merupakan alat yang paling efektif untuk kita
membangun suatu komunitas pelajar, dimana komunitas itu dapat menjadi tempat
untuk para pelajar sharing pengalaman, informasi atau sekedar untuk cari teman
bermain.
2. Dampak negative internet bagi pelajar
Ø Kecandungan browsing internet
Internet adalah
hal yang mengasyikkan bagi kalangan pelajar. Mereka bisa buka apa saja disana,
bisa main game online, bisa buka social network, dan lain-lain. Dengan rasa
asyik tersebut dan mereka tidak membohongi diri mereka, mereka akan kecandungan
atau berinternet ria (online) lagi dan lagi.
Ø Lupa waktu
Dengan
rasa kecandungan, para pelajar akan menghabiskan waktu mereka hanya untuk
berinternet (online) didepan layar monitor dan duduk manis didepannya. Hal ini
sangat merugikan dirinya sendiri dan orang tuanya.
Ø Merusak
anggota dan fungsi tubuh
Pelajar sering menggunakan internet tanpa memerhatikan kondisi tubuhnya. Mereka
ada yang melupakan matanya yang merah hingga berair didepan layar monitor, ada
yang membiarkan penggunanya linu duduk didepan layar monitor, dan lain-lain.
Hal itu sangat merugikan khususnya bagi dirinya sendiri. Seharusnya pengguna
internet harus secara berkala meralaksasikan tubuhnya ketika didepan layar
monitor agar tidak terjadi kerusakan tubuh yang tidak diharapkan.
C.
Penggunaan computer
dalam kehidupan sehari-hari
Kecandungan
teknologi harus disembuhkan dn masyarakat harus disadarkan sebelum teknologi
menimbulkan efek yang lebih buruk lagi. Alat teknologi membuat banyak dari kita
merasa gelisah, karena pikiran hanya tertuju pada alat ini, seperti ponsel
misalnya. Kecandungan teknologi seperti ini bias dilihat dari seringnya orang
mengecek ponsel tiap beberapa menit sekali hanya untuk melihat notifikasi
messenger, sms atau situs jejaring social. Ketika kita tidak bisa focus kepada
hal yang penting, ini juga merupakan masalah dari kecandumgan teknologi.
Kewajiban dilakukan sembaring menggenggam ponsel atau memangku laptop,
merupakan tanda bahwa kecandungan teknologi sudah demikian merasuk.
Perasaan untuk selalu harus membalas sapaan yang masuk melalui sms,
messenger atau situs jejarig social dalam keadaan apapun juga merupakan
indikasi nyata. Sebelum kecandungan teknologi ini merusak lebih jauh,
kendalikan diri dengan menahan keinginan tidak beralasan atau setiap menit
mengecek ponsel atau melihat notifikasi. Jangan melakukan dua atau lebih
pekerjaan sekaligus disaat seharusnya kewajiban diprioritaskan.
Dengan
berkembangnya teknologi semua fasilitas pun bisa didapatkan sebagai contoh game
dizaman yang modern ini anak-anak sekarang lebih memilih bermain dirumah atau
diwarnet seharian didepan layar computer dari pada bersosialisasi diluar dengan
teman sebaya mereka. Pergaulan kita hanya digame online saja, sehingga membuat
para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan
pergaulan nyata. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa
yang kita lihat dari mainan digame online. Pikiran kita jadi terus menerus
memikirkan internet yang kita mainkan.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Internet adalah sarana belajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan
teratur akan menjadi pola pelajar yang sangat baik sekali.
2.
Baik buruknya suatu kegiatan bergantung pada pelaku yang menggunakannya.
3.
Menggunakan internet harus melihat jam maksimal 1 hari bermain 2 jam saja
agar kesehatan dapat terjaga.
4.
Dan jangan sampai menjadi pecanoli internet, karena akan mengganggu
prestasi belajar.
B. Saran-saran
Saya ingin
memberi saran dalam penutup ini kepada pembaca:
1.
Jangan terlalu kecanduan internet termasuk game online/browsing dan
lainnya, bermain hanya sekedar hiburan dan tidak dijadikan kebutuhan seperti
makanan.
2.
Bermain internet posisi mata kekomputer jangan terlalu dekat nanti mata
bisa rusak.
3.
Jika browsingnya atau chatingnya menggunakan hp, saya harap jangan terlalu
dijadikan rutinitas sehari-hari karena akan merugikan.
4.
Jangan terlalu banyak main, waktunya lebih baik bila digunakan untuk
belajar agar lebih bermanfaat.
DAFTAR
PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wikil /internet
No comments:
Post a Comment