Friday 10 March 2017

KLIPING KERAJINAN DAUR ULANG DARI BAMBU



KLIPING
KERAJINAN DAUR ULANG DARI BAMBU



OLEH :
TWO ADE BAGASKORO





SMK NAGARA KEDUNGGALAR
Tahun Pelajaran 2016/2017

Terpukau Keindahan Kerajinan Bambu dari Sempor

kerajinan bambu sempor
Obyek wisata Waduk Sempor memang bukanlah nama yang asing lagi bagi dunia kepariwisataan kita. Dibalik fungsinya sebagai sarana irigasi teknis bagi ribuan hektar sawah di wilayah Gombong, waduk ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai obyek wisata. Tapi kecamatan Sempor tidak hanya memiliki potensi wisata saja. Kerajinan bambu asal Desa Somagede, Kecamatan Sempor, membuahkan satu buah kerajinan dengan nilai seni tinggi. Dengan sentuhan kreativitas, keunikan kerajinan bambu pula membuahkan produk dengan nilai ekonomi tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kerajinan Sepeda Bambu, Pendukung Hidup Sehat

 

Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat.
Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60 cm bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam (wikipedia).














1. Tudung Saji dari Anyaman Bambu

Salah satu hasil kerajinan tangan dari anyaman bambu adalah tudung saji. Anda dapat membuat anyaman dari bambu dan kemudian merangkainya seperti gambar dibawah ini, namun jika sulit, anda bisa membuat tudung saji yang lebih sederhana.













2. Hiasan Gantung dari Bambu

Anda dapat membuat hiasan gantung dari bambu. Hiasan ini akan berbunyi jika ada angin menghempas ataupun orang yang menyenggolnya. Dibawah ini adalah contoh hasil karya hiasan dinding dari kerajinan bambu.
















3. Patung/Miniatur dari Bambu

Selain hiasan gantung anda dapat juga berkreasi membuat miniatur atau patung dengan bambu. Anda bisa melihat contohnya dibawah ini, unik sekali bukan ?














4. Tudung Lampu Hias dari Bambu

Siapa sangka tudung lampu hias berikut ini merupakan salah satu hasil kerajinan dari bambu. Coba lihat gambar dibawah ini, cantik bukan. Hiasan ini cocok untuk rumah yang mempunyai model klasik atau natural.










5. Miniatur Kapal

Kalau untuk contoh dibawah ini, hasil karya dibawah menurut tim KlikPintar adalah sebuah mahakarya. Anda dapat belajar membuat kapal anda sendiri dengan menggunakan bambu, untuk awal anda bisa mencoba membuat kapal yang sederhana dulu, karena miniatur kapal seperti gambar dibawah sangat membutuhkan ketelatenan, kreatifitas, dan kesabaran yang tinggi.
Itulah beberapa contoh hasil kerajinan tangan dari bambu yang dapat anda contoh sebagai inspirasi kerajinan tangan anda, jika anda kurang puas dengan gambar - gambar kerajinan bambu diatas, berikut galeri gambar tentang kerajinan dari bambu yang indah dan unik

No comments:

Post a Comment