Friday 10 March 2017

KLIPING SENI RUPA (VISUAL ART) KERAJINAN DARI KERAMIK



KLIPING

SENI RUPA (VISUAL ART)

KERAJINAN DARI KERAMIK


Disusun oleh :

MOH.NUR EFENDI

XII IPS 3

 

 

SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR

Tahun Pelajaran 2016/2017

 

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat, taufik serta karunia-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan tugas seni rupa  yang berjudul “KERAJINAN DARI KERAMIK”. Maksud dari tugas  ini adalah untuk memenuhi tugas prakarya . Dalam kesempatan ini kami menyadari bahwa tanpa bantuan, dorongan, dan bimbingan dari berbagai pihak, tugas ini tidak akan selesai dengan baik dan sempurna. Oleh karena itu kami mengucapkan terima
Kami berharap demi kesempurnaan tugas ini ini, memohon sumbangan kritik dan saran untuk memperbaiki penulisan makalah yang akan datang.
Demikian kata pengantar dari kami. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan semoga makalah ini, dapat bermanfaat bagi kita semua AMIN.

Kedunggalar,14 Februari 2017

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                        i

KATA PENGANTAR                                                                                     ii

DAFTAR ISI                                                                                                          iii

1.    Kerajinan Keramik Plered Purwakarta                                                      1

2.    Kerajinan Keramik Dinoyo malang                                                          2

3.    Kerajinan Keramik Banjarnegara                                                            3

4.    Kerajinan Keramik kiara condong bandung                                              4

5.    Kerajinan Keramik dari bali                                                                    5

6.    Kerajinan Keramik dari jogja                                                                 6

7.    Kerajinan Keramik brebes                                                                      7

8.    Kerajinan Keramik jepara                                                                       5

9.    Kerajinan Keramik singkawang kalbar                                                     9

10. Kerajinan Keramik dari lombok                                                              10

 













1.   Kerajinan Keramik Plered Purwakarta


VIVA.co.id - Plered sudah lama dikenal sebagai daerah penghasil keramik. Tempat ini, tepatnya di Desa Anjun, Kecamatan Plered, Purwakarta, Jawa Barat. Berbagai bentuk dan ukuran keramik dibuat. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga berukuran besar dengan aneka desain.
Beragam model guci juga tersedia di sini. Namun sayang, komoditas yang semestinya menjadi wisata altenatif ini semakin lama semakin sepi pengunjung.Sekadar diketahui, keramik yang dihasilkan Plered, biasanya dijual ke beberapa kota lain, termasuk Jakarta. Sebagian bahkan menembus pasar ekspor ke sejumlah negara di daratan China, maupun Eropa, seperti Belanda dan Rusia.
berkunjung langsung ke lokasi pembuatan keramik Plered, selain dapat menyaksikan langsung pembuatan keramik, pengunjung juga bisa mendapatkan harga yang boleh dibilang cukup murah.Ada yang dijual mulai dari harga Rp5.000 sampai ratusan ribu rupiah. Seperti keramik jenis pot dengan model sederhana misalnya, hanya dijual Rp5.000.

 

2.   Oleh-oleh di Sentra Kerajinan Keramik Dinoyo Malang


Keramik Dinoyo Eastjavatraveler
Siapa yang tak kenal dengan kota apel, Malang? Ternyata kota ini tak hanya terkenal dengan apel, keripik, dan baksonya saja lho. Di kota berjuluk Paris of East Java ini juga terdapat kampung wisata yang mengandalkan kerajinan tangan yang dapat dijadikan oleh-oleh. Ya, apalagi kalau bukan Kampung Wisata Keramik Dinoyo.
kerajinan-keramik-kampoeng-wisata-Keramik Dinoyo Malang kotawisataindonesia
Sesuai namanya, Kampung Wisata Keramik Dinoyo berada di Kelurahan Dinoyo, Malang. Kampung yang telah memproduksi kerajinan keramik sebagai mata pencaharian ini diresmikan sebagai Kampung Wisata Keramik pada tahun 2010. Di sentra kerajinan yang terletak di Jl. MT Haryono XI ini terdapat sekitar 30 toko yang menjual kerajinan keramik khas kota Malang. Baik peralatan dapur seperti mug, gelas, cangkir, piring kecil, dan poci maupun berbagai perlengkapan terapi seperti cawan kecil, dan wadah air. Ada pula keramik untuk hiasan rumah seperti vas bunga, asbak, guci, tempat tisu, dan berbagai hiasan yang cantik dan unik lainnya.
Ketika pengunjung memasuki salah satu toko, berbagai macam keramik nan cantik terpajang di rak. Sepasang poci dan cangkir-cangkir nampak cantik dengan sentuhan porcelain yang mengkilat dengan berbagai pilihan warna. Selain itu terdapat pula cangkir dengan desain kreatif  yang cantik, misalnya cangkir dengan hiasan keong emas yang menjadi telinga cangkir, dan lain-lain.

3.   Kerajinan Keramik Banjarnegara


Daerah penghasil keramik selanjutnya datang dari desa Klampok, Banjarnegara, Jawa Tengah. Jika Toppers ada rencana untuk melakukan perjalanan ke Purwokerto via Wonosobo, kamu dapat menemui banyak galeri keramik di sepanjang jalan Banjarnegara. Desa ini membuat kerajinan tangan keramik dari bahan baku tanah liat (lempung), jadi proses pembuatan keramik di desa ini memang terbilang masih sangat sederhana dan tradisional. Produk keramik yang dihasilkan dari Desa Klampok, Banjarnegara adalah berupa patung, piring vas dan asbak, yang dimana sudah dipesan oleh berbagai daerah di luar Provinsi Jawa Tengah hingga keluar negeri. Pengrajin keramik di Desa Klampok sering sekali menghadapi pesanan yang sangat banyak dan kebanjiran order dari pecinta keramik mancanegara. Jadi gak diragukan lagi kualitas kerajinan tangan keramik yang ada di Banjarnegara ini.




4.   Kerajinan Keramik Kiara Condong Bandung



Wah kayaknya banyak di antara kita yang mengira kalau Bandung hanya terkenal dari bidang sandang dan pangan aja nih. Namun nyatanya, kerajinan tangan di daerah Kiara Condong, Bandung ini juga sangat terkenal banget loh, yaitu kerajinan tangan keramik. Kamu bisa menemukan banyak barang keramik berupa patung, guci, dan berbagai souvenir lainnya yang terbuat dari keramik. Bahkan karena keterampilan para pengrajin keramik dan kualitas keramik yang oke banget, kerajinan keramik di Kiara Condong ini sering mendapatkan pesanan dari berbagai negara seperti Jepang dan Eropa loh. Keren banget ya, Toppers.

5.    Keramik Bali


Desa Pejaten, di Bali sudah sangat terkenal dengan kerajinan keramik nih, Toppers. Hasil keramik yang dihasilkan di Desa ini berupa barang pecah belah seperti guci/gentong dengan ukiran khas bali yang indah, patung, pot atau vas bunga, peralatan makan dan dapur, asbak, tempat lilin dan lain-lain. Keterampilan tangan-tangan pengrajin keramik di Desa Pejaten ini mampu menarik perhatian para pecinta barang keramik, baik dalam negeri maupun luar negeri seperti Swedia, Australia, dan Jerman. Wah bahkan banyak yang menyebut kualitas kerajinan keramik di Bali ini punya kualitas yang setara hingga bisa melebihi hasil keramik dari Tiongkok loh. Buat kamu yang akan berkunjung ke Bali khususnya daerah Pejaten, kamu juga bisa melihat proses produksi keramik ini. Jangan lupa juga untuk beli keramik yang sudah dibuat dari tangan-tangan kreatif para pengrajin kerajinan tangan keramik ini ya.

                        






6.   Kerajinan Keramik dan Gerabah dari jogja


desa wisata Gerabah Kasongan sudah terkenal sejak lama karena kerajinan gerabahnya yang terkenal. Disini bisa disaksikan para penduduk setempat yang berprofesi sebagai pengrajin mengerjakan kerajinan gerabah. Gerabah dari tempat ini sempat porak-poranda oleh gempa bumi besar yang mengguncang Yogyakarta, tetapi dengan dukungan dari pemerintah tempat ini dengan cepat memulihkan keadaannya. Itulah desa wisata Kasongan dengan produk kerajinan gerabah / keramik andalannya, yakni perkakas yang terbuat dari tanah liat atau lempung. Hingga kini, produk gerabah buatan mereka masih menjadi andalan potensi pariwisata daerah Bantul.

Dulunya kawasan desa wisata Kasongan ini merupakan wilayah pemukiman para kundi, yang berarti buyung atau gundi (orang yang membuat sejenis buyung, gendi, kuali dan lainnya yang tergolong barang dapur dan juga barang hias). Dan akhirnya kebiasaan itu terus diturunkan hingga generasi sekarang. Kini, di desa Kasongan ini kamu bisa menjumpai puluhan galeri gerabah yang tersebar di sepanjang kiri dan kanan jalan. Para wisatawan yang berkunjung ke sana bisa memesan jenis motif gerabah atau keramik sesuai keinginannya, seperti burung merak, naga, bunga mawar dan banyak lainnya. Produk khas Kasongan seperti guci, tempat bunga, hiasan dinding, kini mulai banyak diminati pembeli luar negeri seperti Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Spanyol.

7.   KERAJINAN KERAMIK DESA MALAHAYU  KABUPATEN BREBES JATENG



       Pada pertengahan April 2012, kami berkunjung ke sebuah desa pengrajin keramik di Jawa Tengah, tepatnya Desa Malahayu, Kabupaten Brebes. Berbekal info dari internet bahwa desa ini memiliki banyak pengrajin keramik dan tidak jauh dari tempat ini terdapat pula sebuah waduk yang dinamai Waduk Malahayu, kami berangkat dengan optimisme tinggi.
       Karena berangkat dari Cibinong sudah tengah hari, kami sampai di kota Brebes pk. 18.00. Suasana kota Brebes dimalam hari tidak merata ramainya. Dibeberapa tempat tampak sangat sepi dan gelap karena hanya ada penerangan seadanya. Sementara keramaian sesungguhnya berpusat di sekitar alun-alun. Karena kami kesulitan mencari makanan yang cocok dengan selera, akhirnya kami menuju Tegal. Setelah makan malam di sebuah restoran milik jaringan Pringsewu Group di Rita Mall, kami bermalam di Tegal.
Sebenarnya kami tidak perlu bermalam di Tegal seandainya berangkat lebih pagi dari Cibinong. Dengan melewati jalur Pantura dan Tol Bakrie, selepas pintu tol langsung belok ke kanan ke arah Kuningan. 
       Pada pagi hari sekitar pukul 06.30 kami sudah meninggalkan hotel menuju Brebes. Hanya memakan waktu sekitar 2 jam kami sudah sampai di Desa Malahayu. Karena berbekal info dari internet yang menggambarkan tempat ini sedemikian rupa, tentu saja kami terkejut karena suasana sesungguhnya tidaklah sedemikian adanya.

8.   KERAJINAN KERAMIK MAYONG JEPARA

Mayong, sebuah Kota Kecamatan adalah Tempat Kelahiran RA Kartini, disamping itu juga penghasil bermacam-macam kerajinan tangan. Diantaranya Genteng, Keramik dan macam-macam kerajinan lainnya, Contohnya Genteng buatan Mayong sudah dikirim ke berbagai penjuru di antara Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai ke Pontianak. Berbagai macam bentuk Genteng yang terbuat dari tanah liat dibuat sedemikian rupa sehingga tercipta hasil karya yaitu ; Genteng Mantili, Genteng Pres ada 2 macam yaitu Pres Sokka dan Supr Sokka dengan harga yang relatif bervariasi antar Rp. 500,-/genteng s.d Rp. 800,-/genteng ditambah biaya pengiriman ke tempat tujuan per 1000 genteng.
Keramik yang dibuat oleh masyarakat Mayong juga tidak kalah ketinggalan, bahkan sudah di eksport ke luar negeri, berikut macam-macam keramik yang berasal dari Mayong
;







9.   KERAJINAN KERAMIK SINGKAWANG



Singkawang merupakan lokasi pengolahan keramik terbesar di Kalimantan Barat selain di Siantan, Terdapat 7 perusahaan tetapi hanya 4 yang bertahan akibat kongkurensi dalam dunia usaha. Menurut cerita daerah tersebut telah memproduksi keramik mulai abad ke-17 saat imigran China menetap disana, selain membawa produk keramik mereka juga membawa keterampilan mengolah bahan dan membuat keramik. Salah satu yang masih bertahan adalah Sa Liung atau Padang Pasir, Sakok, memproduksi tiruan keramik kuno gaya China, tempayan atau martaban, mangkuk, jambangan, dan guci yang bergaya Ming. Keramik antik gaya China produksi Singkawang yang mirip dengan aslinya banyak di ekspor ke Hongkong, Singapura dan Eropa.




10.                KERAJNAN KERAMIK DARI LOMBOK


Jika ada kerajinan rakyat lokal yang berkembang dari sebuah legenda, maka kerajinan gerabah di Banyumulek Lombok adalah salah satu diantaranya. Semuanya bermula dari legenda perintah Dewi Anjani, penguasa Gunung Rinjani yang menolong sepasang suami-istri.
Dahulu kala, Dewi Anjani mengutus seekor burung pembawa pesan (Manuk Bere), untuk menolong dan mengajarkan cara sepasang suami istri yang kebingungan memasak beras hasil panen pertama mereka. Manuk Bere juga mengajarkan bagaimana cara membuat periuk dari tanah liat yang dapat digunakan untuk memasak. Sejak saat itu masyarakat Sasak kemudian percaya bahwa dari sanalah keterampilan membuat gerabah berkembang dan diwarisi sampai sekarang.





PENUTUP
      Keramik merupakan suatu bentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran yang pada umumnya terbuat dari tanah liat, kwarsa, feldsfar, dan serbuk kaca. Sifat keramik ditentukan oleh struktur kristal, komposisi kimia dan mineral bawaannya yang secara umum meiliki sifat :
  1. Keras, kuat, tetapi bersifat getas atau mudah pecah.
  2. Tahan terhadap korosi.
  3. Kapasitas panas yang baik dan konduktivitas panas yang rendah.
  4. Sifat listriknya dapat menjadi isolator, semikonduktor, konduktor bahkan superkonduktor.
  5. Dapat bersifat magnetik dan non magnetik.
Keramik biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti mangkok, piring, cangkir,teko,tempayan dll. Atau keramik yang digunakan untuk bahan bangunan, seperti batu-bata,genteng keramik, tegel keramik , pipa-pipa keramik untuk pembuangan



No comments:

Post a Comment