Friday 10 March 2017

KLIPING SENI RUPA (VISUAL ART) KERAJINAN DARI SERAT ALAM



KLIPING

SENI RUPA (VISUAL ART)

KERAJINAN DARI SERAT ALAM

 

Disusun oleh :

LUTFI ROBANI

XII IPS 3

 

SMA NEGERI 1 KEDUNGGALAR

Tahun Pelajaran 2016/2017

 

KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat, taufik serta karunia-Nya, sehingga kami bisa menyelesaikan tugas seni rupa  yang berjudul “KERAJINAN DARI SERAT ALAM Maksud dari tugas  ini adalah untuk memenuhi tugas prakarya . Dalam kesempatan ini kami menyadari bahwa tanpa bantuan, dorongan, dan bimbingan dari berbagai pihak, tugas ini tidak akan selesai dengan baik dan sempurna. Oleh karena itu kami mengucapkan terima
Kami berharap demi kesempurnaan tugas ini ini, memohon sumbangan kritik dan saran untuk memperbaiki penulisan makalah yang akan datang.
Demikian kata pengantar dari kami. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, dan semoga makalah ini, dapat bermanfaat bagi kita semua AMIN.

Kedunggalar,14 Februari 2017

 

Penyusun

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL                                                                                        i

KATA PENGANTAR                                                                                     ii

DAFTAR ISI                                                                                                          iii

1.    Kerajinan tas  dari enceng gondok                                                  1

2.    Pembuatan Sofa Dari Eceng Gondok                                                       2

3.    Kerajinan Bahan Serat Alam Eceng Gondok                                             3

4.    Kerajinan Bahan Alam dari Sabut Kelapa                                                 4

5.    Kerajinan Bahan Alam dari Pelepah Pisang                                              5

6.    Miniatur TANK dari bahan Enceng Gondok                                              6

7.    Kain batik dari serat rami                                                                      7

8.    Tas dari daun pandan                                                                           8

9.    Tas dari daun pandan                                                                           9

10. Tas dari daun pandan                                                                           10

PENUTUP                                                                                                    11








1.   Kerajinan tas  dari Serat Alam

Tas Serat Alam umkmjogja.com
Kini potensi Kulon Progo mulai dilirik banyak wisatawan. Tak hanya dikenal dengan memiliki aneka objek wisata alam yang menarik, kini trend fashion asal Kulon Progo pun semakin banyak dinikmati masyarakat luas. Salah satunya adalah produk kerajinan dari serat alam yang berasal dari desa Salamrejo yang berada di kecamatan Sentolo. Selain masuk di portal berita dan surat kabar, produk kerajinan dari Kulon Progo pun sudah lalu lalang menghiasi berita di televisi nasional.
Memang, bagi sebagian penikmat dunia fashion, tentu tidak akan asing lagi dengan beragam produk yang dihasilkan oleh serat alami seperti eceng gondok, pogon gebang atau yang dikenal dengan nama agel, rotan hingga daun pandan mampu disulap menjadi berbagai produk fashion seperti dompet, cluth tas ataupun aneka pernik seperti topi kalung dan yang lainnya. Keterampilan warga dalam membuat serat alam memang sudah berjalan turun-temurun sejak puluhan tahun yang lalu.






2.   Pembuatan Sofa Dari Eceng Gondok



Pembuatan rangka sofa minimalis dari bahan eceng gondok memang hanya bisa dilakukan oleh tukang yang sudah benar -benar ahli dan biasa dalam pembuatan sofa eceng gondok. Perkiraan bukan hanya menghitung ketebalan alas, tapi juga harus pintar dalam memperkirakan jarak tiap anyaman, dimana tempat ketemu anyaman, dan hal lain yang tidak bisa dibuat dengan cara pembuatan seperti kursi biasa. Model membulat adalah salah satu hal yang sulit bagi tukang sofa.
Selain tehnik yang cukup, bahan kayu baik juga dibutuhkan untuk bahan sofa minimalis yang kuat, biasanya kami menggunakan bahan dari mahoni oven dan suren dengan kualitas baik, sebelum aplikasi finishing kami juga memberikan microcide sebagai obat anti rayap dan bubuk kayu agar kayu sofa tetap awet.





3.   Kerajinan Bahan Serat Alam Eceng Gondok

 

Eceng gondok adalah tumbuhan air yang hidup mengapung di atas permukaan air. Kecepatan tumbuh tanaman eceng gondong yang cepat sehingga tumbuhan ini dianggap sebagai gulma yang merusak lingkungan perairan. Di Indonesia sendiri eceng gondong merupakan tanaman yang mudah untuk dijumpai. Memang bagi orang awam tanaman ini di anggap sebagai tanaman pengganggu tetapi bagi orang-orang kreatif yang tinggal di Kulon Progo, Ambarawa eceng gondok menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan.
Tanaman ini bisa di olah menjadi kerajinan karena seratnya yang kuat dan mudah untuk dibentuk. Untuk menggunakan eceng gondok sebagai bahan kerajinan terlebih dahulu harus menjemur tanaman ini sampai kering baru di ambil seratnya untuk dibuat berbagai kerajinan.

4.   Kerajinan Bahan Alam dari Sabut Kelapa

 

Pohon kelapa memang bisa dibilang sebagai pohon yang serba guna. Karena hampir semua bagian dari pohon ini bisa di manfaatkan oleh manusia. Dari akar sampai daun kelapa bisa digunakan untuk keperluan manusia. Salah satu bagian dari kelapa yang jarang dimanfaatkan oleh orang awam adalah sabut atau serabut kelapa (bagian kulit dari buah kelapa).
Dari kulit buah kelapa inilah bisa diperoleh bahan serat alam yang bisa diolah menjadi produk kerajinan. Salah satu produk yang bisa dibuat dari bahan sabut kelapa adalah keset, sapu, coconet dan aneka kerajinan lain.





5.   Kerajinan Bahan Alam dari Pelepah Pisang



Sebagian besar orang menganggap pelepah pisang merupakan sebuah sampah kering yang tidak memiliki fungsi sama sekali. Bahkan kadang pelepah pisang dibakar dan karena di anggap sebagai sampah yang mengotori kebun. Namun kini di tangan orang-orang kreatif pelepah pisang bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi.
Banyak sekali sekarang ini kerajinan yang dibuat dari pelepah pisang seperti tempat tisu, lukisan, sandal, lukisan dan tempat pensil. Hal ini memberikan kita inspirasi jika kita sedikit lebih kreatif dan tekun bahkan sampah bisa diubah menjadi sebuah berkah.






6.   Miniatur TANK dari bahan Enceng Gondok



Kami adalah komunitas pengrajin enceng gondok dari Ambarawa Kab. Semarang, memiliki Anggota 7 kelompok lebih pengrajin dengan kreasi produk kerajinan higga ratusan jenis produk
Ini adalah miniatur dari kendaraan TANK, cocok untuk anda perwira yang sedang ingin memberikan kenang-kenangan kepada orang spesial di kesatuan, atau juga buat Anda pecinta miniatur uniq. dengan berbahan baku dari enceng gondok, maka miniatur ini juga memberikan kesan seni tinggi dan eksotisme alam yang luar biasa.
untuk informasi dan pemesanan, silahkan kontak kami di nomer diatas. kami dapat juga membuatkan pesanan sesuai keinginan Anda. tinggal berikan saja gambar yang ingin Anda buat, maka kami akan menirunya degan bahan baku enceng gondok. sangat uniq dan menarik.





7.   Kain batik dari serat rami



Serat alam adalah serat yang terdapat atau tersedia di alam. Serat alam bisa didapat dari berbagai jenis tumbuhan, contohnya daun Nanas yang menghasilkan serat daun nanas, batok kelapa, Eceng Gondok, Agave (Sisal), pohon Rami, daun Pandan, Serabut Kelapa dan batang pohon Pisang. Serat alam sangat berlimpah di Indonesia. Sebagian besar merupakan limbah. Seperti daun nanas, ampas sagu dan batang pohon pisang yang sudah tidak dipakai lagi. Oleh karena itu, perlu adanya kreatifitas dan inovasi untuk mengolah serat alam yang melimpah ini menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomis sehingga dapat membantu dan meningkatkan ekonomi masyarakat.Hingga saat ini sudah ada beberapa daerah yang telah memanfaatkan limbah serat alam tersebut untuk diolah dan dijadikan kerajinan tangan yang berguna dan bernilai ekonomis, bhakan ada yang telah menjadi ciri khas atau buah tangan khas suatu daerah. Hal ini perlu dicontoh dan diterapkan di seluruh penjuru wilayah Indonesia yang memiliki potensi serat alam yang berlimpah. Contoh kerajinan tangan dari serat alam di Indonesia.





8.   Tas dari daun pandan


Ilustrasi (Foto Istimewa)
Kulon Progo (Antara Jogja) - Perajin serat alam Desa Tanjungharjo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produksi sehingga menembus pasar ekspor baik Asia, Amerika, maupun Eropa.

Ketua Paguyuban Perajin Bina Karya Lestari Desa Tanjungharjo Tukimin di Kulon Progo, Minggu, mengatakan industri kerajunan serat alam dikelola secara turun temurun memproduksi tampar, sekarang memproduksi berbagai macam kerajinan.

"Semula produksinya hanya tali rami, msebelum ada tali rafia. Namun karena nilai ekonominya rendah, kemudian sejak 1996 masyarakat mencoba memproduksinya menjadi kerajinan dan ternyata justru diminati hingga pasar luar negeri," kata Tukimin.

Ia mengatakan dari tali rami, perajin coba produksi kerajinan, ternyata ada nilai dolarnya. Pada 1998 hingga 2000 pas krisis, kuntungan tinggi.




9.   Keset dari sabut kelapa

Sabut Kelapa. Pohon kelapa merupakan pohon yang semua bagian dari pohonnya mempunyai nilai guna. Dari akar sampai daun pohon kelapa dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu dari bagian pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan adalah sabut atau serabut kelapa (kulit buah kelapa). Dari sabut kelapa dapat diperoleh serat dan serbuk sabut kelapa yang dapat diolah menjadi berbagai produk.








10.                Kerajinan tas dari pelepah pisang

Pelepah Pisang. Sebagain besar orang menganggap pelepah pisang (kering) adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang oleh orang tua dibakar karena dianggap mengotori kebun. Namun kini pelepah pisang bisa dijadikan karya seni lukisan yang indah dan bernilai ekonomi tinggi. Lagi-lagi tangan-tangan orang kreatif yang menjadikan limbah seperti itu sebagai sebuah berkah.






PENUTUP
Kerajinan dari bahan serat alam  merupakan salah satu peluang kita untuk menjadi wirausahanwan sejak dini karena kita dapat memulainya dengan cara yang sederhana. Salah satunya ialah kerajinan serat alam  dari eceng gondok,pelepah pisang,sabut kelapa  merupakan perlengkapann sehari – hari yang dibutuhkan oleh semua manusia, oleh karenanya eceng gondok dll  dapat kita temui diberbagai tempat dengan banyak varian dan harga yang terjangkau, sehingga kita tidak menemukan kesulitan ketika mulai membuat kerajinan ini. Asalkan kita memiliki tekad yang kuat serta tidak mudah putus asa dalam memulai usaha ini maka kita akan menjadi w9irausahawan yang sukses.










1 comment:

  1. Ini adalah Bpk. Benjamin yang menghubungi rincian Email, lfdsloans@outlook.com. / lfdsloans@lemeridianfds.com Atau Whatsapp 1 989-394-3740 yang membantu saya dengan pinjaman 90.000,00 Euro untuk memulai bisnis saya dan saya sangat bersyukur, sangat sulit bagi saya di sini untuk mencoba membuat hal-hal sebagai ibu tunggal tidak mudah dengan saya tetapi dengan bantuan Le_Meridian memberikan senyum di wajah saya ketika saya melihat bisnis saya tumbuh lebih kuat dan berkembang juga. Saya tahu Anda mungkin terkejut mengapa saya meletakkan hal-hal seperti ini di sini tetapi saya benar-benar harus mengucapkan terima kasih jadi siapa pun yang mencari bantuan keuangan atau melalui kesulitan dengan bisnis yang ada atau ingin memulai proyek bisnis dapat melihat hal ini dan memiliki harapan untuk keluar dari kesulitan..Terima Kasih.

    ReplyDelete