Friday 10 March 2017

TUGAS BAHASA INDONESIA ULASAN CERPEN NASIHAT UNTUK ANAKKU KARYA MOTINGGO BUSYE



TUGAS BAHASA INDONESIA
ULASAN CERPEN
NASIHAT UNTUK ANAKKU
KARYA MOTINGGO BUSYE

 

Disusun oleh :


Aviva Hidayanti
VIII E








MTsN KEDUNGGAALAR NGAWI

Tahun 2017



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaiakan tugas Bahasa Indonesia dengan judul NASIHAT UNTUK ANAKKU. disusun dalam rangka memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
            Dalam menyusun tugas  ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Motinggo Busye. Yang telah menerbitkan cerpenya yang berjdudul Nasihat untuk anakku, tak lupa pula kami juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Bapak Sucipto yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga kami tahu kemampuan kami dalam mengerjakan tugas ini
            Demikianlah pengantar tugas  ini dan kami berharap semoga tugas  ini dapat digunakan sebagaimana mestinya. Amin.
                                                                                   Kedunggalar,07 Desember 2016

                                                                                                  


   Penulis

















SINOPSIS CERPEN NASIHAT UNTUK ANAKKU
sulitnya untuk menjalankan kehidupan membutuhkan perjuangan yang berat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan akses transportasi yang sangat buruk.Pada teks paragraf ke-4 dan selanjutnya menceritakan penulis cerita ini/nasihat merayakan ulang tahun karena pada saat hari itu sang Ayah sedang berulang tahun.Sang Ayah membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya.Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang rencana apa yang akan digunakan dari hasil terbitnya buku sang Ayah.Di pertengahan teks cerita pendek ini sang Ayah mendengar temannya telah melakukan bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan silet.Hal itu sangat memalukan.Mendekati akhir cerita teks ini memberi tahu jangan takut membela kebenaran memang terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.           
Cerita pendek yang ditulis oleh Motinggo Busye  disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti.Tetapi teks ini apabila pembaca sudah memahami teks ini maka pembaca akan tersihir dengan ini cerita pendek.Di cerita pendek ini banyak berisi nasihat yang sangat penting bagi kita semua.
            Dengan mengesampingkan kekurangan,teks ini benar benar dibutuhkan oleh remaja di Indonesia karena banyak sekali nasiha dan motivasi yang sangat dibutuhkan bagi kita semua
.














1.      Orientasi :
Cerita pendek “Nasihat Untuk Anakku” adalah karya ke-9  Motinggo Busye yang bernama asli Bustami Djalid. Cerpen ini adalah satu-satunya cerpen yang ditulis Motinggo Busye dan cerpen ini mendapatkan hadiah dari majalah sastra. Cerita pendek ini menceritakan tentang banyak berubahnya keadaan dunia,perjuangan hidup,dan berbagai nasihat dari ayah untuk anaknya.
2.      Tafsiran
Pada paragraf pertama teks ini menceritakan tentang keadaan negara indonesia berubahnya keadaan negara Indonesia.Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang betapa sulitnya untuk menjalankan kehidupan membutuhkan perjuangan yang berat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan akses transportasi yang sangat buruk.
Pada teks paragraf ke-4 dan selanjutnya menceritakan penulis cerita ini/nasihat merayakan ulang tahun karena pada saat hari itu sang Ayah sedang berulang tahun. Sang Ayah membawa temannya ke warung kopi untuk merayakan hari ulang tahunnya.
Di paragraf selanjutnya teks ini menceritakan tentang rencana apa yang akan digunakan dari  hasil terbitnya buku sang Ayah.Di pertengahan teks cerita pendek ini sang Ayah mendengar temannya telah melakukan bunuh diri dengan cara memotong nadinya dengan silet. Hal itu sangat memalukan.Mendekati akhir cerita teks ini memberi tahu jangan takut membela kebenaran memang terkadang kebenaran dikalahkan oleh kenyataan.
3.     Evaluasi
Cerita pendek yang ditulis oleh Motinggo Busye  disajikan dengan bahasa yang sulit dimengerti. Tetapi teks ini apabila pembaca sudah memahami teks ini maka pembaca akan tersihir dengan cerita pendek ini.
Dengan berbagai nasihat yang dikandung, teks ini merupakan sebuah motivasi yang luar biasa bagi kita, bisa kita jadikan panutan dalam kehidupan sehari-hari. Cerpen ini bagus untuk para remaja karena dicerpen ini sang penulis menulis nasihat-nasihat yang baik untuk para pembaca. Cerpen ini menginformasikan bagaimana susahnya hidup dan bagaimana saat keadaaan hidup sangat minim.
4.    Rangkuman
Dengan mengesampingkan kekurangan,teks ini benar benar dibutuhkan oleh remaja di Indonesia karena banyak sekali nasihat dan motivasi untuk membangun pribadi yang lebih baik lagi.

Kesimpulan :
Cerpen nasihat untuk anakku adalah cerpen yang baik ditonotn anak anak sampai dewasa karena mengandung nasihat nasihat  dan motifasi dan cocok untuk anak anak jaman sekarang





No comments:

Post a Comment